Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Efektivitas Proses Produksi Ikan Kaleng MSK dan MSB dengan Reduksi Waste Melalui Framework DMAIC Motede Lean Six Sigma (Studi Kasus: PT. Maya Muncar)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Efektivitas Proses Produksi Ikan Kaleng MSK dan MSB dengan Reduksi Waste Melalui Framework DMAIC Motede Lean Six Sigma (Studi Kasus: PT. Maya Muncar)
Edition
Call Number 2016/II/33
ISBN/ISSN
Author(s) Wahyuningrum, Niken
Subject(s) LEAN SIX SIGMA
Root Cause Analysis
Waste
Classification 658.562 Wah e
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT Maya Muncar merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perikanan, terutama di bidang pengalengan ikan. Terdapat dua diantara sepuluh jenis produk PT Maya Muncar yang memiliki jumlah defect paling tinggi yaitu 27% MSK (Maya Sarden Kecil) dan 32% MSB (Maya Sarden Besar) sedangkan lainnya berada di bawah persentase tersebut. Selain defect juga terdapat indikasi adanya waste transportation, waiting, dan inventori WIP pada lantai produksi MSK dan MSB. Penyelesaian permasalahan ini menggunakan metode Lean Six Sigma. Metode ini menggabungkan antara Lean dan Six Sigma dengan cara menghilangkan pemborosan melalui peningkatan terus menerus untuk mencapai tingkat kinerja enam sigma. Sebelumnya akan ditentukan akar permasalahan dari setiap waste dengan metode RCA (Root Cause Analysis) dan kemudian dicari risiko kegagalan dari waste tersebut menggunakan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis). FMEA yang memiliki nilai RPN ≥125 dianalisis lebih lanjut dan dikelompokkan sehingga didapatkan alternatif perbaikan. Alternatif perbaikan ini dikombinasikan dan dipilih menggunakan metode Value Management. Terdapat satu kombinasi alternatif terpilih yaitu peningkatan kualitas raw material dan pengurangan defect proses. Implementasi kombinasi kedua alternatif ini memberikan reduksi biaya sebesar Rp
284.138.288,-.
Specific Detail Info Waste, Lean Six Sigma, RCA (Root Cause Analysis), FMEA (Failure Mode and Effect Analysis), Value Management.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous