Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Service Level dan Penurunan Waktu Siklus Truk Angkutan Semen dengan Pertimbangan Stock Criticality dan Segmentasi Jam Berangkat
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Service Level dan Penurunan Waktu Siklus Truk Angkutan Semen dengan Pertimbangan Stock Criticality dan Segmentasi Jam Berangkat
Edition
Call Number 2016/II/38
ISBN/ISSN
Author(s) Fakhriah, Afildawina
Subject(s) Service Level
Stock to Deman Ratio
Classification 658.4 Fak p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT. X termasuk pabrik semen terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar cukup tinggi sekitar 42.8%.Produk didistribusikan kepada pelanggan melalui distributor-distributor. Selama ini, terdapat besar order yang sudah ditetapkan oleh PT. X pada awal bulannya. Namun, PT. X masih sering kehilangan kesempatan untuk menjualkan produk kepada pelanggan. Hal ini dikarenakan metode prioritas pengiriman yang masih menggunakan rasio pemenuhan dimana membandingkan antara besar rilis dengan besar order per bulan. Selain itu, produk baru akan dikirimkan setelah order dari distributor masuk ke PT. X.
Metode penjadwalan pengiriman truk saat ini tidak didasarkan pada jarak distributor sehingga menyebabkan banyak truk yang datang diluar jam buka operasional (time windows) distributor. Hal ini menyebabkan waktu siklus panjang. Oleh karena itu, pada penelitian ini dirancang sebuah model penjadwalan truk denganstock to demand ratio yang mempertimbangkan kekritisan stok distributor (on hand distributor dan in transit) dibandingkan dengan kebutuhan selama pengiriman serta adanya pembagian jadwal pengiriman berdasarkan jarak distributor.
Hasil yang didapat, rata-rata service level meningkat sebesar 37.17% serta adanya penurunan waktu tunggu time windows truk dengan rata-rata sebesar 3.83 jam. Secara tidak langsung, hal tersebut dapat menurunkan waktu siklus distributor sebesar 5.03 jam.
Specific Detail Info Rasio Pemenuhan, Stock to Demand Ratio, Segmentasi Jam Berangkat, Service Level
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D., CSCP
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous