RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Comparison Analysis Of Pricing Behaviour Of Garuda Airlines Ticket Prices Between Peak and Non-Peak Departure Time By Days of Purchace |
Edition | |
Call Number | 2016/II/55 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Zerlinda, Adelia Stephanie |
Subject(s) | Descriptive Analysis Airline Pricing behaviour Airfare mining |
Classification | 658.913 877 Zer c |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2016 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Globalisasi dan pertumbuhan teknologi yang cepat membawa banyak dampak positif pada kehidupan manusia. Salah satu contoh dampak positifnya adalah perkembangan teknologi transportasi. Perkembangan transportasi membuat manusia semakin mudah untuk berpergian. Salah satu bentuk perkembangan transportasi adalah adanya transportasi udara yang mampu menempuh jarak jauh dengan cepat dan nyaman. Menurut catatan dari Badan Pusat Statistic, penggunaan transportasi udara terus meningkat dari tahun 1999 sampai 2014, baik penerbangan dalam maupun luar negeri. Kenyamanan menggunakan transportasi udara juga didukung dengan mudahnya mendapatkan tiket maskapai. Saat ini, calon penumpang dapat dengan mudah membeli tiket penerbangan melalui biro perjalanan secara (online) melalui website mereka. Bahkan saat ini, tidak tiket penerbangan yang bisa didapat dari biro perjalanan, melainkan juga berbagai hal lain. Penelitian ini berfokus pada data tiket penerbangan maskapai dari biro perjalanan (online) untuk mendapatkan informasi lain yang berguna untuk pengguna jasa penerbangan. Informasi ini didapat dengan 2 cara yaitu descriptive analysis dan multiple regression. Descriptive analysis digunakan untuk mengetahui dan membandingkan perilaku/karakteristik data pada hari Senin hingga Kamis untuk maskapai Garuda Indonesia. Software R-Project digunakan dalam menyelesaikan multiple regression untuk mengetahui pengaruh dari perubahan harga suatu waktu penerbangan ke waktu penerbangan yang lain. Penelitian ini dapat mengidentifikasi pola dan pengaruh dari penetapan harga tiket untuk setiap waktu keberangkatan ke waktu keberangkatan lain. Harga tiket pada waktu keberangkatan non-peak berubah mengikuti harga tiket pada waktu keberangkatan peak namun harga tiket pada waktu keberangkatan peak berubah tidak mengikuti harga tiket pada waktu keberangkatan non-peak. |
Specific Detail Info | Airline Pricing Behaviour, Airfare Mining, Descriptive Analysis, Multiple Regression, R-Project |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr.Eng., Ir. Ahmad Rusdiansyah, M. Eng, CSCP |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |