Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Efektivitas Peta Jalur Evakuasi Gedung dengan Menggunakan Virtual-Walk Augented Reality (Studi Kasus : Gedung Teknik Industri ITS)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Efektivitas Peta Jalur Evakuasi Gedung dengan Menggunakan Virtual-Walk Augented Reality (Studi Kasus : Gedung Teknik Industri ITS)
Edition
Call Number 2016/II/57
ISBN/ISSN
Author(s) Syahid, Haris Saputra As
Subject(s) Building-Design Construction
Evacuation Map
Classification 690 Sya p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Pemahaman para pengguna gedung terhadap jalur evakuasi pada gedung bertingkat yang sering mereka gunakan sangat penting diperhatikan. Kecelakaan pada gedung yang dapat terjadi secara tiba-tiba menyebabkan para pangguna gedung harus menemukan jalan keluar menggunakan peta kognitif yang ada di dalam kepala mereka. Peta kognitif tersebut dapat dilatih dengan latihan evakuasi maupun dengan memahami peta evakuasi yang berada di dalam ruangan-ruangan gedung. Namun pada kenyataannya, banyak diantara para pengguna gedung yang tidak memperdulikan keberadaan peta evakuasi tersebut yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penelitian ini merancang sebuah media edukasi bernama Virtual Walk yang bertujuan sebagai media pembelajaran bagi para pengguna gedung bertingkat mengenai jalur evakuasi yang harus digunakan dengan lebih interaktif. Terdapat beberapa tahapan dalam penelitian ini, diantaranya adalah identifikasi penyebab para pengguna gedung enggan untuk memahami peta evakuasi, perancangan dan pembangunan media edukasi, dan pengujian usabilitas yang melibatkan 30 responden untuk mencoba Virtual Walk.
Hasil dari penelitian ini adalah media edukasi virtual berbasis augmented reality yang digunakan untuk membantu para pengguna gedung bertingkat dalam memahami jalur evakuasi. Dalam media edukasi ini digunakan dua buah media, yaitu marker dan juga smartphone. Marker berfungsi seperti barcode yang apabila dipindai maka akan menampilkan objek visual berupa animasi arah evakuasi. Sedangkan smartphone berfungsi sebagai pemindai dan sebagai user interface dalam memahami jalur evakuasi. Proses pembuatan animasi menggunakan software 3ds Max sebagai pembangun model gedung dan Unity sebagai platform untuk menciptakan aplikasi berbasis augmnted reality. Berdasarkan uji usabilitas yang dilakukan, sebanyak 90,28% responden merasa terbantu dengan Virtual Walk dalam memahami peta evakuasi dan sebanyak 27 dari 30 responden mengatakan tertarik untuk mencoba Virtual Walk saat pertama kali ditunjukkan
Specific Detail Info Peta evakuasi, augmented reality, usabilitas
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman, ST., M.Sc
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous