RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Peningkatan Efektivitas Peta Jalur Evakuasi Gedung dengan Menggunakan Virtual-Walk Augented Reality (Studi Kasus : Gedung Teknik Industri ITS) |
Edition | |
Call Number | 2016/II/57 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Syahid, Haris Saputra As |
Subject(s) | Building-Design Construction Evacuation Map |
Classification | 690 Sya p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2016 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Pemahaman para pengguna gedung terhadap jalur evakuasi pada gedung bertingkat yang sering mereka gunakan sangat penting diperhatikan. Kecelakaan pada gedung yang dapat terjadi secara tiba-tiba menyebabkan para pangguna gedung harus menemukan jalan keluar menggunakan peta kognitif yang ada di dalam kepala mereka. Peta kognitif tersebut dapat dilatih dengan latihan evakuasi maupun dengan memahami peta evakuasi yang berada di dalam ruangan-ruangan gedung. Namun pada kenyataannya, banyak diantara para pengguna gedung yang tidak memperdulikan keberadaan peta evakuasi tersebut yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penelitian ini merancang sebuah media edukasi bernama Virtual Walk yang bertujuan sebagai media pembelajaran bagi para pengguna gedung bertingkat mengenai jalur evakuasi yang harus digunakan dengan lebih interaktif. Terdapat beberapa tahapan dalam penelitian ini, diantaranya adalah identifikasi penyebab para pengguna gedung enggan untuk memahami peta evakuasi, perancangan dan pembangunan media edukasi, dan pengujian usabilitas yang melibatkan 30 responden untuk mencoba Virtual Walk. Hasil dari penelitian ini adalah media edukasi virtual berbasis augmented reality yang digunakan untuk membantu para pengguna gedung bertingkat dalam memahami jalur evakuasi. Dalam media edukasi ini digunakan dua buah media, yaitu marker dan juga smartphone. Marker berfungsi seperti barcode yang apabila dipindai maka akan menampilkan objek visual berupa animasi arah evakuasi. Sedangkan smartphone berfungsi sebagai pemindai dan sebagai user interface dalam memahami jalur evakuasi. Proses pembuatan animasi menggunakan software 3ds Max sebagai pembangun model gedung dan Unity sebagai platform untuk menciptakan aplikasi berbasis augmnted reality. Berdasarkan uji usabilitas yang dilakukan, sebanyak 90,28% responden merasa terbantu dengan Virtual Walk dalam memahami peta evakuasi dan sebanyak 27 dari 30 responden mengatakan tertarik untuk mencoba Virtual Walk saat pertama kali ditunjukkan |
Specific Detail Info | Peta evakuasi, augmented reality, usabilitas |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Arief Rahman, ST., M.Sc |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |