RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Perancangan Media Edukasi Penerapan 5R pada Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus: UMKM Printing di Surabaya) |
Edition | |
Call Number | 2016/II/61 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Syarifuddin, Muhammad |
Subject(s) | Visual Communication SMEs; 5R |
Classification | 741.7 Sya p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2016 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam perekonomian Indonesia dimana 99% dari keseluruhan usaha di Indonesia berada dalam skala UMKM. Namun hal ini belum mampu diimbangi dengan kualitas UMKM yang baik dengan rendahnya produktivitas dan kualitas kerja pada UMKM. Cara yang cukup efektif untuk memperbaiki kualitas UMKM di Indonesia adalah dengan penerapan prinsip 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) yang sangat sederhana dan mudah diterapkan dalam skala UMKM. Dalam penerapan 5R diperlukan media edukasi yang efektif dan menarik untuk memberikan pemahaman dan membangun budaya kerja yang lebih baik. Penelitian ini merancang sebuah media yang dapat menjadi sarana edukasi penerapan 5R pada UMKM. Terdapat beberapa tahapan dalam penelitian ini, diantaranya adalah identifikasi aspek edukasi dalam penerapan 5R, perancangan dan pembangunan media edukasi, dan pengujian usabilitas kepada para pegawai yang bekerja pada UMKM. Hasil dari penelitian ini berupa media edukasi virtual berbasis augmented reality yang dapat menjelaskan prosedur penerapan 5R pada setiap area kerja pada UMKM. Dalam media edukasi ini digunakan objek virtual dan marker sebagai media untuk menunjukkan prosedur penerapan 5R. Pada media edukasi penerapan 5R yang disebut VERSIPRO ini terdapat 10 marker yang ditempatkan pada setiap area kerja mulai meja PC, meja kasir, area printing kertas dan banner, rak penyimpanan material kertas dan gulungan vinyl, area pemotongan, display produk hingga area tunggu pelanggan. Dari hasil pengujian aplikasi ditemukan beberapa aspek yang perlu diperbaiki yaitu pembuatan petunjuk penggunaan, Perbaikan desain marker, Rescaling objek, input audio, pengaturan directional light dan memperjelas teks penjelas. Hasil pengujian usabilitas menunjukkan bahwa media edukasi ini memberikan pengaruh terhadap pemahaman pengguna mengenai 5R secara signifikan dengan seluruh responden menyatakan puas ataupun sangat puas serta tertarik untuk menerapkan 5R pada area kerja mereka. |
Specific Detail Info | UMKM, 5R, augmented reality, usabilitas |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |