Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengelolaan Resiko pada Proses Pelayanan Kapal di PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengelolaan Resiko pada Proses Pelayanan Kapal di PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak
Edition
Call Number 2016/II/63
ISBN/ISSN
Author(s) Sebayang, Andreas Hsgs
Subject(s) Risk Management
Risk Map
Ship Service Process
Classification 648.155 Seb p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT. Pelabuhan Indonesia III merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan, dimana salah satu proses bisnis yang dijalankan adalah pelayanan jasa kapal. Untuk mencapai visi perusahaan yakni memberikan pelayanan jasa yang prima kepada konsumen, serta berkontribusi dalam program pemerintah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi transportasi laut, perusahaan harus menjalankan proses bisnisnya secara efektif dan efisien. Namun, terdapat potensi kegagalan dari tiap proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan yang disebut sebagai risiko yang dapat mengurangi efektivitas dan efisiensi pelayanan. Oleh karenanya, perusahaan harus mengelola risiko pada proses bisnisnya terutama pada proses pelayanan kapal. Pada penelitian ini, akan dilakukan identifikasi terhadap risiko yang berpotensi timbul pada proses pelayanan kapal. Proses identifikasi dilakukan dengan menggunakan metode fault tree analysis guna mengetahui penyebab timbulnya risiko dari tiap aktivitas yang dilakukan. Evaluasi terhadap risiko akan dilakukan dengan menggunakan metode FMECA yang akan mengklasifikasikan risiko ke dalam peta risiko berdasarkan nilai severity dan occurance pada tiap risiko. Selanjutnya, berdasarkan evaluasi tersebut akan dilakukan mitigasi terhadap risiko-risiko yang memerlukan tindakan corrective. Berdasarkan hasil identifikasi risiko, terdapat 62 risiko yang terdapat pada proses pelayanan kapal. Dari hasil evaluasi risiko, dihasilkan 17 risiko yang memerlukan tindakan corrective dan 45 risiko yang tidak memerlukan tindakan corrective. Mitigasi yang dilakukan terhadap risiko yang memerlukan tindakan corrective menghasilkan 31 upaya mitigasi dengan rincian 14 upaya untuk menghindari, 3 upaya untuk memindahkan, dan 14 upaya untuk mengurangi.
Specific Detail Info Fault Tree Analysis (FTA), FMECA, Proses Pelayanan Kapal, Peta Risiko, Mitigasi Risiko
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. I Ketut Gunarta, M.T
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous