RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Pengelolaan Resiko pada Proses Pelayanan Kapal di PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak |
Edition | |
Call Number | 2016/II/63 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Sebayang, Andreas Hsgs |
Subject(s) | Risk Management Risk Map Ship Service Process |
Classification | 648.155 Seb p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2016 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | PT. Pelabuhan Indonesia III merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan, dimana salah satu proses bisnis yang dijalankan adalah pelayanan jasa kapal. Untuk mencapai visi perusahaan yakni memberikan pelayanan jasa yang prima kepada konsumen, serta berkontribusi dalam program pemerintah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi transportasi laut, perusahaan harus menjalankan proses bisnisnya secara efektif dan efisien. Namun, terdapat potensi kegagalan dari tiap proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan yang disebut sebagai risiko yang dapat mengurangi efektivitas dan efisiensi pelayanan. Oleh karenanya, perusahaan harus mengelola risiko pada proses bisnisnya terutama pada proses pelayanan kapal. Pada penelitian ini, akan dilakukan identifikasi terhadap risiko yang berpotensi timbul pada proses pelayanan kapal. Proses identifikasi dilakukan dengan menggunakan metode fault tree analysis guna mengetahui penyebab timbulnya risiko dari tiap aktivitas yang dilakukan. Evaluasi terhadap risiko akan dilakukan dengan menggunakan metode FMECA yang akan mengklasifikasikan risiko ke dalam peta risiko berdasarkan nilai severity dan occurance pada tiap risiko. Selanjutnya, berdasarkan evaluasi tersebut akan dilakukan mitigasi terhadap risiko-risiko yang memerlukan tindakan corrective. Berdasarkan hasil identifikasi risiko, terdapat 62 risiko yang terdapat pada proses pelayanan kapal. Dari hasil evaluasi risiko, dihasilkan 17 risiko yang memerlukan tindakan corrective dan 45 risiko yang tidak memerlukan tindakan corrective. Mitigasi yang dilakukan terhadap risiko yang memerlukan tindakan corrective menghasilkan 31 upaya mitigasi dengan rincian 14 upaya untuk menghindari, 3 upaya untuk memindahkan, dan 14 upaya untuk mengurangi. |
Specific Detail Info | Fault Tree Analysis (FTA), FMECA, Proses Pelayanan Kapal, Peta Risiko, Mitigasi Risiko |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr. Ir. I Ketut Gunarta, M.T |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |