Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Persaingan Antar-Maskapai Penerbangan Berdasarkan Strategi Perubahan Harga Tiket Pesawat Menggunakan Metode Multiple Regression
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Persaingan Antar-Maskapai Penerbangan Berdasarkan Strategi Perubahan Harga Tiket Pesawat Menggunakan Metode Multiple Regression
Edition
Call Number 2016/II/69
ISBN/ISSN
Author(s) Harjono, Okky Sukmawari
Subject(s) COMPETITION
Investment Analisys
Airfare Changing
Classification 658.401 Har a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Dalam rangka mempertahankan posisi perusahaan pada kompetisi di industri penerbangan, setiap maskapai tentunya memiliki strategi tersendiri. Untuk mengetahui bagaimana persaingan antar-maskapai penerbangan, perlu diketahui bagaimana strategi dari masing-masing maskapai. Salah satu strategi yang diterapkan oleh maskapai penerbangan adalah penentuan harga tiket pesawat yang selalu berubah-ubah untuk memaksimalkan revenue perusahaan. Permasalahan yang akan diselesaikan pada penelitian Tugas Akhir ini adalah mengetahui bagaimana respon perubahan harga tiket pesawat dari suatu maskapai penerbangan akibat dari perubahan harga tiket maskapai penerbangan lain. Perubahan harga ini dapat menggambarkan bagaimana persaingan antar-maskapai penerbangan. Maskapai yang diamati dalam penelitian ini adalah Batik Air, Citilink, Garuda, dan Lion Air. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah multiple regression analysis untuk data time-series.
Tahapan dalam pengerjaan penelitian Tugas Akhir ini terdiri dari pengumpulan data harga tiket pesawat, pengembangan model regresi, pengujian numerik berupa uji hipotesis, interpretasi dan analisis hasil, serta pengambilan kesimpulan dan saran. Hasil regresi didapatkan dari running model regresi menggunakan software R. Software ini merupakan software statistik yang dapat mengakomodasi berbagai macam model regresi dengan memasukkan persamaan regresi pada perintah software R. Pada penelitian ini dilakukan beberapa eksperimen yaitu membagi data pengamatan menjadi 4 kuartal, mengamati bagaimana pengaruh perubahan harga tiket antara dua maskapai sesama low cost carrier, sesama full service carrier, dan antara low cost carrier dan full service carrier, serta mengamati perbedaan persaingan antar-maskapai penerbangan pada hari Senin dengan hari Kamis.
Hasil dari penelitian Tugas Akhir ini adalah model multiple regression yang dapat menggambarkan hubungan antar-maskapai, pola perubahan harga tiket dari setiap maskapai yang dipengaruhi perubahan harga tiket maskapai lain, respon perubahan harga tiket pesawat dari setiap maskapai penerbangan akibat dari perubahan harga tiket pada maskapai lain, bagaimana persaingan yang terjadi antara dua maskapai sesama dan berbeda model bisnis, dan perbedaan dari persaingan yang terjadi pada jadwal penerbangan di dua hari yang berbeda.
Specific Detail Info multiple regression, persaingan, perubahan harga tiket
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Eng., Ir. Ahmad Rusdiansyah, M. Eng, CSCP
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous