Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Loyalitas dan Penentuan Strategi Pengembangan Merek Loop pada PT. Telkomsel Cabang Surabaya
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Loyalitas dan Penentuan Strategi Pengembangan Merek Loop pada PT. Telkomsel Cabang Surabaya
Edition
Call Number 2016/II/83
ISBN/ISSN
Author(s) Fitrada, Indira
Subject(s) AHP
Consumer Loyalitas
Churn Rate
Classification 658.834 2 Fit a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Tren di industri Telekomunikasi menyatakan bahwa di tahun 2015 terdapat 88,1 juta pengguna internet aktif di Indonesia, dimana 69% dari total pengguna internet adalah remaja pada kelompok usia 15-24 tahun. Salah satu perusahaan yang sedang fokus membidik remaja adalah Telkomsel dengan me-launching produk LOOP. Namun tingginya churn rate atau banyaknya pelanggan LOOP yang berpindah merek ke operator lain menunjukan bahwa pelanggan LOOP tidak loyal. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana cara untuk meningkatkan loyalitas merek LOOP guna mengurangi churn rate LOOP.
Penelitian ini menggunakan data primer hasil kuisioner yang diuji dengan analisis statistik untuk mengetahui demografi pengguna LOOP serta uji regresi linier. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa asosiasi merek dan persepsi kualitas adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas merek. Analisis Markov chain digunakan untuk melihat pola perpindahan merek dan pangsa pasar ekuilibrium dengan asumsi periode terjadi sekali perpindahan merek dalam periode 6 bulan. Hasil dari uji Markov Chain adalah pangsa pasar kondisi ekuilibrium LOOP yaitu 35,7% pada periode ke-15 atau 7,5 tahun mendatang.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah menyelesaikan permasalahan tingginya churn rate, sehingga dilakukan analisis pemilihan strategi dengan matriks TOWS yang menghasilkan delapan usulan strategi. Pemilihan strategi terbaik dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Pembobotan dilakukan oleh pengambil keputusan dari pihak manajemen Telkomsel dengan bantuan software Expert Choice. Strategi dengan bobot tertinggi yaitu menguatkan Customer User Group (CUG) dan mengembangkan aplikasi LOOP Kita. Hasil akhir dari penelitian ini adalah grand strategy pengembangan merek LOOP yang dimulai dengan tahap akuisisi sekolah dan kampus dengan cut generation, tahap kedua adalah penguatan CUG dan tahap ketiga adalah pengembangan aplikasi LOOP Kita dengan fitur lengkap untuk memberikan value bagi pengguna agar lebih loyal terhadap merek LOOP.
Specific Detail Info Analytical Hierarchy Process (AHP), Churn Rate, Loyalitas Merek, Markov Chain, TOWS Matriks.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nurhadi Siswanto, ST., MSIE., Ph.D.; Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous