Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Metode Delphi dan Quality Function Deployment (QFD) untuk Perancangan Evaluasi Berbasis Green Building Standart (Studi Kasus: Gedung Perpustakaan ITS)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Metode Delphi dan Quality Function Deployment (QFD) untuk Perancangan Evaluasi Berbasis Green Building Standart (Studi Kasus: Gedung Perpustakaan ITS)
Edition
Call Number 2016/II/84
ISBN/ISSN
Author(s) Sofhananda, Bima Surya
Subject(s) Green Building
Sustainable Architecture
Delphy
Classification 720.47 Sof i
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Bangunan besar merupakan sebagian besar aset yang dimiliki oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan berlokasi di kampus ITS yang belum terklasifikasi ke dalam pengelolaan yang baik. Untuk melakukan perbaikan dan memperhatikan standar bangunan yang ramah lingkungan, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah kerangka evaluasi berbasis kriteria standar bangunan hijau. Untuk itu, pertama-tama perlu dilakukan identifikasi kriteria bangunan hijau berdasarkan kriteria yang miliki oleh Green Building Council Indonesia (GBCI). Kedua, metode Delphi diusulkan untuk memunculkan pendapat dari berbagai responden. Berdasarkan hasil identifikasi atau kriteria kritis, Quality Function Deployment (QFD) dilakukan dengan masukan faktor energi dan lingkungan untuk mengembangkan respon teknis dalam House of Quality (HOQ). Berdasarkan model dan data yang ada, peneliti menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: pemasangan kWh meter dan melakukan pencatatan rutin, membuat sistem terinetgrasi atau PLC (Programmable Logic Controller) dan ruang kontrol untuk memantau dan memonitoring penggunaan energi dan AC, membuat kebijakan mengenai audit air dan target penghematan energi.
Specific Detail Info Green Building, Metode Delphi, Perpustakaan, Quality Function Deployment (QFD)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous