RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Simulasi Sistem Distribusi Pupuk Urea In-Bag Bersubsidi (Studi Kasus: Perusahaan Pupuk Indonesia) |
Edition | |
Call Number | 2016/II/85 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Nugroho, Stefan Adhie |
Subject(s) | Simulation Distribution Process |
Classification | 003.1 Nug s |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2016 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Perusahaan merupakan salah satu perusahaan yang bertanggung jawab atas distribusi pupuk urea bersubsidi di Indonesia. Service level merupakan salah satu parameter yang harus dioptimalkan oleh perusahaan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan pupuk. Salah satu permasalahan yang dihadapi untuk mencapai service level yang optimal adalah availibilitas truk untuk melakukan realsiasi pengiriman dan perputaran truk yang tidak lancar. Kebijakan yang diterapkan untuk memperbaiki permasalahan yaitu penentuan segmentasi waktu pengiriman dan dedicated express loading line. Simulasi dilakukan untuk mengetahui pengaruh kebijakan terhadap perputaran truk, variabel respon dan jumlah kebutuhan truk yang optimal. Simulasi dilakukan dengan software ARENA. Pada penelitian ini dilakukan simulasi kebijakan eksisting dan perbaikan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan kebijakan pada skenario perbaikan. Penerapan segmentasi waktu pengiriman dapat mengantisipasi ketidakpastian sehingga akan mengoptimalkan waktu tunggu time windows dan penerapan dedicated express loading line akan mempercepat waktu tunggu loading di pabrik. Sehingga, penerapan kedua kebijakan ini akan mengurangi waktu siklus per ritase. Waktu siklus yang singkat akan dapat meningkatkan realisasi pengiriman, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan service level perusahaan dan mengurangi jumlah kebutuhan truk. Penerapan skenario A2B2C8 meningkatkan waktu perputaran truk per ritase sebesar 28%, menurunkan waktu tunggu time windows sebesar 40%, meningkatkan service level sebesar 12,9%, dan menurunkan utilitas truk sebesar 11,9%. |
Specific Detail Info | Segmentasi Waktu Kirim, Perputaran truk, Dedicated Express Loading Line, Simulasi ARENA. |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D., CSCP |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |