Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Perbaikan Cacat Warna Produk Berdasarkan Aspek Manusia dan Proses Pencampuran
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Perbaikan Cacat Warna Produk Berdasarkan Aspek Manusia dan Proses Pencampuran
Edition
Call Number 2016/II/95
ISBN/ISSN
Author(s) Tarigan, Samuel
Subject(s) QUALITY CONTROL
Root Cause Analysis
Human Error Assessment
Classification 658.562 Tar a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT.X adalah perusahaan berkelas dunia yang menghasilkan produk sabun mandi. Perusahaan mengalami beberapa permasalahan yang berkaitan dengan kualitas produk sabun. Permasalahan warna sabun diluar spesifikasi merupakan permasalahan yang paling merugikan perusahaan dan memiliki frekuensi terjadi yang tinggi sehingga menjadi fokus penelitian. Berdasarkan observasi awal, penyebab utama cacat warna diluar spesifikasi adalah human error saat proses pencampuran. Langkah awal penelitian adalah dengan menganalisa kondisi eksisting dan mengidentifikasi akar penyebab masalah menggunakan root cause analysis(RCA). Human reliability assessment (HRA) dilakukan karena aspek human adalah penyebab utama permasalahan. Metode HRA yang digunakan untuk adalah hierarchial task anaysis (HTA), human error assessment and reduction technique (HEART) dan systematic human error reduction and prediction approach (SHERPA). Metode tersebut digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisis, mengkuantifikasi dan mereduksi human error yang terjadi. Diperoleh beberapa human error yang memiliki failure probability besar dan tingkat kekritisan tertinggi. Human error tersebut diklasifikasikan kedalam kategori kesalahan penuangan dan kesalahan komunikasi. Faktor yang berkontribusi sebagai penyebab kedua kategori tersebut adalah human dan management (policy/organization) Rekomendasi perbaikan yang ditawarkan meliputi training and coaching, perubahan sistem reward and punisment.

Specific Detail Info Root Cause Analysis, Hierarchial Task Anaysis, Human Error Assessment and Reduction Technique, Systematic Human Error Reduction and Prediction Approach
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Putu Dana Karningsih, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D.; Dewanti Anggrahini, S.T., M.T
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous