Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Seleksi Personel Berbasis Five Factor Model (FFM) dengan Pendekatan Metode Swara dan Aras (Studi Kasus PT. Karya Manunggal Jati)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Seleksi Personel Berbasis Five Factor Model (FFM) dengan Pendekatan Metode Swara dan Aras (Studi Kasus PT. Karya Manunggal Jati)
Edition
Call Number 2016/II/108
ISBN/ISSN
Author(s) Karim, Amir Wahyu Al
Subject(s) PERSONNEL MANAGEMENT
Personnel Selection
FFM
Classification 658.311 Kar s
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT. Karya Manunggal Jati (PT. KMJ) merupakan salah satu perusahaan outsourcing yang berlokasi di Balongbendo, Sidoarjo. Demand perusahaan mencapai 27 sektor/bulan, dan jumlah perusahaan mitra sebanyak 117 perusahaan. Hal ini membuat perusahaan sering melakukan seleksi calon tenaga kerja. Permasalahan muncul ketika demand perusahaan mitra berada di bidang pelayanan (non-manufaktur) dan perusahaan mitra tidak mau melakukan proses seleksi secara mandiri pada tahapan assessment. Hal ini membuat PT. KMJ mendapatkan tanggung jawab penuh untuk melakukan proses seleksi tersebut. Dalam tiga kondisi ini, PT. KMJ belum mempunyai preferensi metode seleksi yang sesuai. Penelitian ini mengusulkan penggunaan metode Five Factor Model (FFM) sebagai dasar dalam metode seleksi yang direkomendasikan. FFM merupakan model untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang. Lima faktor utama yang terdiri dari 30 aspek dalam FFM bisa dijadikan sebagai kriteria seleksi yang valid bagi PT. KMJ. Selanjutnya diberikan Personality Assessment pada calon tenaga kerja untuk mengetahui besarnya performance rating dari setiap calon. Lalu, kriteria yang ada pada FFM akan dibobotkan dengan menggunakan metode SWARA (Step-wise Weight Assessment Ratio Analysis). Dan terakhir, menghubungkan antara kriteria yang ada dengan performance rating dari setiap calon, dengan menggunakan metode ARAS (Additive Ratio Assessment). Alur keempat metode tersebut diterapkan pada studi kasus demand dari perusahaan Puri Matahari yang sedang mencari calon tenaga kerja marketing. Didapatkan hasil bahwa calon peringkat pertama mendapat nilai persentase performance sebesar 83,96%, peringkat kedua sebesar 77,78%, peringkat ketiga sebesar 69,39% dan peringkat keempat sebesar 58,17%. Integrasi keempat metode inilah yang bisa dijadikan preferensi metode seleksi yang sesuai untuk PT. KMJ dalam menyelesaikan demand lainnya yang belum terpenuhi.
Specific Detail Info FFM, SWARA, ARAS, Seleksi Personel.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous