Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Kualitas Pelayanan Supermarket X melalui Integrasi Servqual dan Kano ke Dalam QFD
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Kualitas Pelayanan Supermarket X melalui Integrasi Servqual dan Kano ke Dalam QFD
Edition
Call Number 2016/II/115
ISBN/ISSN
Author(s) Ramadhan, Muhammad
Subject(s) QFD
Service Quality
Customer Quality
Classification 658.8 Ram p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Dalam pendekatan operasional usaha, kualitas pelayanan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Layanan berkualitas tinggi diperlukan untuk menghadapi kompetisi bisnis di sektor retailer atau peritel sehingga mampu menjaring konsumen yang lebih besar serta secara langsung mampu meningkatkan profit. Belum adanya upaya untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap Supermarket X dapat menyebabkan ketidaktahuan manajemen akan kebutuhan konsumen sehingga ada kemungkinan potensi penjualan yang dapat hilang. Oleh karena itu, digunakanlah integrasi metode SERVQUAL, Kano dan QFD untuk melakukan evaluasi kepuasan konsumen terhadap atribut layanan yang dimiliki oleh Supermarket X sehingga diketahui aktivitas yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa 20 atribut layanan Supermarket X memiliki nilai kepuasan negatif atau menjadi weakness yang perlu diperbaiki oleh manajemen, dengan atribut yang terlemah yakni kecepatan pelayanan di kasir. Sementara itu, melalui metode Kano diketahui 1 atribut tergolong dalam kategori must-be, 10 atribut one-dimensional, 7 atribut attractive, serta 2 atribut indifferent. Dengan perhitungan adjusted importance value, diketahui bahwa kemudahan dalam mencari produk yang dibutuhkan menjadi prioritas terpenting bagi konsumen. Dalam penggunaan QFD, 8 respon teknis digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setelah dilakukan perhitungan nilai importance untuk respon teknis, diketahui bahwa pengawasan terhadap pelaksanaan SOP menjadi aktivitas yang paling penting bagi Supermarket X untuk meningkatkan kualitas layanannya.
Specific Detail Info Kano, Layanan, QFD, SERVQUAL, Supermarket
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous