Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Optimalisasi Beban Kerja Petugas Keamanan berdasarkan Standar Tingkat Keamanan (Studi Kasus: Satuan Keamanan dan Keselamatan ITS)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Optimalisasi Beban Kerja Petugas Keamanan berdasarkan Standar Tingkat Keamanan (Studi Kasus: Satuan Keamanan dan Keselamatan ITS)
Edition
Call Number 2017/I/13
ISBN/ISSN
Author(s) Elmadhania, Astri
Subject(s) Simulation
Work Sampling
arena
Classification 003 Elm o
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan perguruan tinggi negeri dengan nilai aset besar. Berdasarkan data historis, terjadi beberapa kali gangguan terhadap aset ITS seperti pencurian sepeda motor, pencurian sepeda angin, dan pembobolan ruangan di ITS. Sistem pengamanan diperlukan untuk menjaga keamanan di suatu instansi Sistem pengamanan lingkungan di ITS dikelola oleh UPT-KK dan dijalankan langsung oleh SKK ITS. Petugas SKK mengeluhkan beban kerja yang berat. Di sisi lain, berdasarkan hasil kuesioner kepuasan layanan SKK, mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan berpendapat terdapat ketidaksesuaian pada beberapa aspek kinerja petugas SKK.

Work sampling dilakukan pada petugas SKK untuk mengetahui kondisi kerja SKK saat ini. Studi beban kerja dilakukan untuk optimalisasi beban kerja petugas SKK menggunakan metode simulasi ARENA dan pendekatan Vehicle Routing Problem (VRP). Simulasi dilakukan pada sistem pengecekan STNK di posko jalur keluar ITS untuk mendapatkan rekomendasi alokasi jumlah petugas sesuai dengan beban kerja optimal, level antrian kendaraan yang sesuai dengan kenyamanan pengguna jalan, dan tingkat pengamanan ideal. VRP digunakan sebagai pendekatan untuk menentukan rute dengan jarak tempuh minimum sesuai dengan batasan waktu tempuh yang dapat mencakup 53 titik pengawasan sehingga dapat digunakan sebagai acuan penetuan beban kerja minimum dari masing-masing rute patroli.

Hasil akhir penelitian adalah pengalokasian 11 petugas shift 1 untuk lima posko pengamanan dengan beban kerja pengecekan STNK sebesar 25,60% hingga 60,97% dan beban kerja patroli sebesar 1,20% hingga 34,26% serta pengalokasian 12 petugas shift 2 untuk lima posko pengamanan dengan beban kerja pengecekan STNK sebesar 33,05% hingga 70,26% dan beban kerja patroli sebesar 1,20% hingga 34,26%. Usulan tambahan kerja patroli pengawasan pengguna jalan diberikan untuk mengoptimalkan total beban kerja petugas, sehingga hasil akumulasi beban kerja pengecekan STNK, patroli gedung, patroli pengawasan pengguna jalan dan beban kerja lain petugas shift 1 dan shift 2 adalah sebesar 44,26% hingga 86,04%.
Specific Detail Info Beban Kerja, Simulasi ARENA, Tingkat Keamanan, Vehicle Routing Problem, Work Sampling.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman, S.T., M.Sc; Anny Maryani, S.T., M.T
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous