Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Kebijakan Peringatan Dini Permasalahan Pasokan Komponen Pada PT. ABC
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Kebijakan Peringatan Dini Permasalahan Pasokan Komponen Pada PT. ABC
Edition
Call Number 2017/I/14
ISBN/ISSN
Author(s) Satyaputri, Eveline Herarti
Subject(s) KNOWLEDGE MANAGEMENT
PRODUCTION CONTROL
Supply Ability
Classification 658.403 8 Sat p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Dalam rangka mempertahankan posisi perusahaan pada kompetisi di industri manufaktur, setiap industri otomotif tentunya memiliki strategi masing-masing. PT ABC merupakan salah satu dari perusahaan global otomotif terbaik di Indonesia Untuk dapat bersaing, PT ABC memiliki strategi yaitu mengontrol produksi dan safety stock yang ada di pemasok untuk menghindari masalah supply ability seperti shortage yang akan merugikan PT ABC sendiri. Permasalahan yang akan diselesaikan pada penelitian Tugas Akhir ini adalah bagaimana merancang suatu model kebijakan peringatan dini yang berdasar pada variabel stok, produksi, dan pengiriman dengan menggunakan metode knowledge management yang akan menghasilkan suatu rules based reasoning yang akan dibaca oleh sistem yang terintegrasi antara PT ABC dan pemasok. Pemasok yang diamati dalam penelitian ini adalah PT X dan PT Y dimana termasuk dalam golongan pemasok lokal, yang sudah lama bekerja sama dengan pihak PT ABC dan pernah memiliki riwayat permasalahan di proyek sebelum 8*0A ini. Metode yang diguanakan pada penelitian ini adalah knowledge management yang akan menghasilkan suatu rules based reasoning.
Dalam pengerjaan penelitian, tahapan yang pertama adalah identifikasi awal yaitu perumusan masalah, tujuan penelitian, dan menetapkan ruang lingkup. Yang kedua adalah tahap pengumpulan data yang mencakup data produksi, stok, dan pengiriman pemasok. Selanjutnya dilakukan tahap data pre-processing yaitu creation, capture, dan organizing. Tahap keempat adalah pengolahan data dimana dilakukan pengujian model terdahap data yang didapatkan. Lalu tahap selanjutnya adalah data post processing yaitu verifikasi, validasi, dan transfer yang diikuti dengan tahap analisis dan penarikan kesimpulan serta saran.
Hasil dari penelitian ini adalah model aturan yang dapat menggambarkan jumlah hari yang dibutuhkan sistem untuk melakukan pemantauan terhadap data sebelum hari-h terjadinya shortage berdasarkan parameter-parameter yang telah ditentukan. Parameter yang dimaksud adalah riwayat permasalahan, status pemasok baru/lama, status komponen impor/lokal, X, tingkat produksi, tingkat stok, dan inventory days of supply.
Specific Detail Info aturan, knowledge management, model, pemasok, rules based reasoning
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng., CSCP
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous