Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Dinamika Pola Perilaku "Supply-Demand" Pada Pengelolaan Persediaan Bahan Bakar Minyak Untuk Sektor Transportasi Di Wilayah Jawa Timur
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Dinamika Pola Perilaku "Supply-Demand" Pada Pengelolaan Persediaan Bahan Bakar Minyak Untuk Sektor Transportasi Di Wilayah Jawa Timur
Edition
Call Number 2017/I/17
ISBN/ISSN
Author(s) Ayudya, Made Putri Dewi
Subject(s) Dynamic System
Supply-Demand
Classification 658.403 2 Ayu d
Series Title
GMD Kaset Audio
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan sumber energi olahan minyak bumi yang digunakan secara komersial, dimana sektor kritikal dengan persentase tertinggi sebesar 61% dari semua sektor adalah sektor transportasi. PT XYZ merupakan salah satu badan usaha yang bertanggung jawab menyalurkan BBM di seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali wilayah Jawa Timur. Luasan wilayah Jawa Timur menggambarkan kompleksitas permasalahan distribusi BBM dan permasalahan-permasalahan bersifat uncertainty dalam perencanaan pengiriman maupun pengelolaan persediaan yang dapat menjadi acuan wilayah-wilayah lain dalam menyelesaikan permasalahan yang serupa. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau pola perilaku supply-demand BBM, yang nantinya digunakan untuk analisis tindakan lanjutan berupa rekomendasi strategis terhadap kebijakan maupun prosedur pengelolaan persediaan yang berubah-ubah fungsi waktu di wilayah Jawa Timur agar keberlangsungan penyaluran BBM dapat berjalan lebih efisien dan ekonomis, baik dari segi waktu, biaya maupun ketepatan pasokan.
Dinamika pola supply-demand memiliki dampak positif dan negatif terhadap stakeholder terkait seperti, perusahaan, lembaga penyalur dan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi sistem dinamik, yaitu metode penyelesaian masalah dengan pendekatan secara sistem dengan memperhatikan detail hubungan keterkaitan antarvariabel dari sebuah sistem. Penelitian ini membagi sistem menjadi empat submodel, yaitu permintaan pada terminal, permintaan pada lembaga penyalur, perencanaan penjualan Produk A dan finansial perusahaan. Terdapat tiga alternatif skenario kebijakan yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun variabel respon yang menjadi fokus penelitan adalah kondisi persediaan terminal utama, konsinyasi Jawa Timur dan lembaga penyalur, serta efisiensi biaya aktivitas oprasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa skenario 3 merupakan skenario terpilih. Pemilihan skenario mengacu pada total biaya pengeluaran berdasarkan waktu simulasi yang memiliki nilai paling rendah, pertimbangan kondisi peningkatan pasokan di masa mendatang yang berasal dari penambahan kapasitas kilang lokal pada tahun 2021 dan konsep swasembada BBM pada tahun 2023, serta melihat trend masyarakat Indonesia yang sudah mulai menyukai BBM non-subsidi, salah satunya Produk A.
Specific Detail Info BBM sektor transportasi, pengelolaan persediaan, pola tingkah laku supply-demand, simulasi sistem dinamik.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Budisantoso Wirjodirdjo, M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous