Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Dan Evaluasi Peningkatan Efisiensi Training Menggunakan Roti Analysis Dan Kirkpatrick Four Level Pada Seksi RKC 1-2 PT. Semen Indonesia (PERSERO)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Dan Evaluasi Peningkatan Efisiensi Training Menggunakan Roti Analysis Dan Kirkpatrick Four Level Pada Seksi RKC 1-2 PT. Semen Indonesia (PERSERO)
Edition
Call Number 2017/I/22
ISBN/ISSN
Author(s) Achmadi, Rendy Herda
Subject(s) Performance Management System
Return On Training Investment
Kirkpatrick Four Level
Classification 658.403 8 Ach a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Return On Training Investment (ROTI) merupakan bagian dari komponen evaluasi terhadap investasi dari Kirkpatrick Four Level yang mengidentifikasi Level 1 (reaction), Level 2 (learning), Level 3 (behavior) dan Level 4 (result) dari perusahaan yang menyelenggarakan pelatihan kepada karyawan sebagai salah satu investasi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dan menganalisis efisiensi dan efektifitas dari pelatihan yang diselenggarakan PT Semen Indonesia (Persero) pada Seksi RKC 1-2. Evaluasi dan analisis tercakup pada level reaction peserta (karyawan) terhadap aspek umum pelatihan yang dilakukan. Kemudian level learning yang mengevaluasi gap sebelum dan sesudah pelatihan dengan menggunakan metode pre-test dan post-test. Level ketiga adalah mengevaluasi dan menganalisa behavior peserta pasca mendapatkan pelatihan, yakni dengan brainstorming dan menggunakan kuisioner improvement behavior changes yang dinilai langsung oleh atasan. Level terakhir yakni result adalah dengan mengidentifikasi result atau gap pasca pelatihan yang tergolong dalam tangible benefits, yang kemudian dilakukan konversi menjadi monetary values. Setelah mendapatkan monetary values, kemudian dilakukan perhitungan BCR dan ROI untuk melihat kelayakan dan tingkat pengembalian modal dari investasi yang dilakukan. Hasil perhitungan BCR dan ROI masing-masing adalah sebesar 3,41 & 241% untuk coal mill operation, 3,37 & 237% untuk kiln operation, 1,38 & 288% untuk raw mill operation dan 1,18 & 18% untuk pelatihan secara keseluruhan. Berdasarkan perhitungan BCR dan ROI yang dilakukan pada pelatihan-pelatihan tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa pelatihan tersebut mampu meningkatkan performansi individu dan unit secara komprehensif, terlepas dari aspek lain yang mempengaruhi produksi semen. Berdasar pada hal ini, pelatihan-pelatihan yang dilakukan di lingkup RKC 1-2 ini layak menjadi salah satu investasi perusahaan untuk meningkatkan daya saing dengan sumberdaya manusia yang berkualitas melalui penerapan pelatihan yang menjunjung tinggi kualitas materi dan fasilitas yang baik sehingga output dari investasi dapat segera memberi pengaruh terhadap performansi individu, unit kerja dan perusahaan.
Specific Detail Info RKC 1-2, Return On Training Investment, Kirkpatrick Four Level, Pelatihan
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Naning Aranti Wessiani, S.T, M.M.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous