RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Perancangan Alat Media Edukasi Berbasis Augmented Reality sebagai Petunjuk Instalansi Listrik dan Penggunaan Listrik pada Perangkat Elektronik Rumah Tangga |
Edition | |
Call Number | 2017/I/29 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Jayadi, Muhammad Mansyur |
Subject(s) | Software Engineering Augmented Reality Education Media |
Classification | 006.693 Jay p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2017 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Kebakaran pada pemukiman penduduk merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sepanjang tahun 2011 hingga tahun 2015 setidaknya telah terjadi 979 kasus kebakaran yang mengakibatkan dampak kerugian. Dari banyak kejadian kebakaran tersebut, penyebab paling banyak yaitu sekitar 73% adalah disebabkan karena korsleting listrik. Potensi kebakaran yang diakibatkan oleh korsleting listrik ini sebenarnya dapat diminimalisasi dengan adanya pemahaman yang baik mengenai instalasi listrik dan penggunaan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk membangun media edukasi berbasis augmented reality bagi masyarakat tentang bagaimana cara instalasi listrik dan penggunaan listrik pada perangkat elektronik rumah tangga yang baik dan aman sehingga terhindar dari bahaya kebakaran. Penelitian ini dimulai dengan melakukan studi etnografi ke perumahan penduduk. Studi etnografi dilakukan untuk mendapatkan aspek-aspek edukasi yang dibutuhkan masyarakat tentang instalasi listrik dan penggunaan listrik. Kemudian aspek-aspek tersebut dianalisa menggunakan metode FMEA untuk mendapatkan titik kritis yang akan dimasukkan kedalam media edukasi. Kemadian dari aspek-aspek terpilih tersebut dibentuk skenario media edukasi. Dimana dalam penelitian ini terdapat 7 skenario media edukasi. Diantaranya adalah peringatan untuk tidak menumpuk stop kontak, peringatan untuk mencabut charger setelah digunakan, penanganan masalah kabel listrik yang semrawut, penanganan masalah kabel setrika yang mengelupas, penanganan masalah kabel listrik yang tidak terisolasi dengan baik, penanganan masalah fitting lampu yang tidak sesuai standar, dan peringatan agar tidak menggunakan peralatan listrik yang rusak. Kemudian skenario diwujudkan dalam animasi 3D yang di bentuk menggunakan software 3DsMax dan digabungkan dengan marker pada software Unity. Media edukasi ini dapat digunakan oleh masyarakat yang memiliki rumah yang didalamnya terdapat aliran listrik. Pengguna dapat menggunakan media edukasi ini dengan memasangnya pada perangkat android. |
Specific Detail Info | Augmented Reality, FMEA, PUIL 2000, Media Edukasi. |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr. Adithya Sudiarno, S.T., M.T |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |