RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Analisis Dampak Perkembangan Taksi Berbasis Online terhadap Taksi Konvensional serta Pengaruhnya pada Pendapatan Asli Daerah dan Kadar CO2 (Syudi Kasus: Provinsi DKI Jakarta) |
Edition | |
Call Number | 2017/I/30 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Ilmawan, Novangga |
Subject(s) | Dynamic System Online Taxi Conventional Taxi |
Classification | 658.403 2 Ilm a |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2017 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Taksi merupakan salah satu angkutan umum yang cukup berbeda dibandingkan dengan angkutan umum lainnya. Perbedaan tersebut meliputi rute yang tergantung pada permintaan penumpang, kenyamanan yang relatif baik, waktu tempuh yang lebih cepat, dan fleksibilitas di semua tempat. Dalam perkembangannya, taksi banyak mengalami perubahan dari segi operasional dan investasi. Adapun fenomena baru yang terjadi pada angkutan umum moda ini yaitu fenomena taksi berbasis online. Berbeda dengan taksi konvensional biasanya, taksi berbasis aplikasi ini menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasinya. Aplikasi taksi berbasis online ini menawarkan lebih banyak kemudahan dibandingkan taksi konvensional biasa seperti kemudahan dalam pembayaran dan juga relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya taksi konvensional. Dengan kemudahan yang ditawarkan, hal ini menyebabkan dampak yang luar biasa terhadap kondisi sekarang. Dengan hadirnya taksi berbasis online ini tentunya membuat usaha taksi konvensional serta aspek ekonomi dan lingkungan DKI Jakarta mengalami dinamika perubahan. Kebijakan pemerintah dan perusahaan taksi konvensional menjadi suatu hal yang sangat penting karena dapat menciptakan kondisi iklim persaingan usaha yang sehat di Provinsi DKI Jakarta. Pada penelitian ini menggunakan metode sistem dinamik, yaitu metode penyelesaian masalah dengan pendekatan secara sistem yang dapat memaparkan akibat dari dinamika taksi berbasis online dengan memperhatikan detail hubungan keterkaitan antar variabel dari sebuah sistem. Penelitian ini membagi sistem menjadi 5 submodel yaitu sistem transportasi DKI Jakarta, taksi konvensional,taksi online, pendapatan asli daerah DKI Jakarta, lingkungan. Adapun variabel respon yang menjadi fokus penelitian adalah pendapatan taksi konvensional dan penghasilan tiap supir taksi konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat trade off dari penerapan masing-masing skenario kebijakan terhadap variabel respon yang telah ditentukan. |
Specific Detail Info | Taksi Konvensional, Sistem Dinamik, Taksi Online, Pendapatan Asli Daerah, dan Kadar CO2 DKI Jakarta |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Prof. Dr. Ir. Budisantoso Wirjodirdjo, M.Eng |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |