RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Universidade da Paz (UNPAZ)-Timor Leste dengan Menggunakan Integrasi Makro Ergonomi dan Analytical Hierarchy Process (AHP) |
Edition | |
Call Number | 2016/36 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Silva, Jeronimo Da |
Subject(s) | AHP EDUCATION Ergonomics |
Classification | 620.82 Sil s |
Series Title | GMD | Tesis |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2016 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Strategi peningkatan mutu perguruan tinggi merupakan alternatif strategi dalam pengelolaan pendidikan yang lebih menekankan pada tingkat efektivitas, yang memiliki persaingan terhadap mutu pendidikan yang berstandar nasional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi dan mengetahui tingkat kepentingan kriteria untuk perancangan alternatif program kerja pendidikan, dalam meningkatkan mutu untuk mencapai standar pendidikan nasional di Timor Leste. Kewajiban UNPAZ adalah untuk melakukan jaminan mutu dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui dengan pemilihan alternatif program kerja Analisis prioritas aspek dilakukan dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP) untuk memecahkan suatu situasi yang kompleks, tidak terstruktur ke dalam beberapa faktor dalam susunan yang hierarki dengan memberikan nilai subjektif tentang pentingnya setiap variabel secara relatif. Hasil perbandingan dan berpasangan dalam bobot nilai prioritas yakni: standar dalam peningkatan mutu pendidikan UNPAZ adalah TPE, SPPJ, LPP&K dan PA; sedangkan faktor atributnya dalam perancangan program kerja UNPAZ mencakup pada SDM, ORG, TGS, LF, dan ALT. Prioritas terhadap faktor sub atribut dalam sumber daya manusia adalah latar belakang, keterampilan, kecerdasan, sedangkan prioritas faktor organisasi adalah faktor kebijakan, prosedur, dan pengawasan. Prioritas pada faktor sub atribut dalam tugas adalah kepuasan, pengontrolan, dan bubungan timbal balik, sedangkan prioritas faktor sub atribut dalam lingkungan fisik adalah kenyamanan, sosial, dan interaksi dengan pekerja, sedangkan prioritas faktor sub atribut dalam alat/teknologi adalah kapasitas, fungsi, dan integrasi. Sementara pada tingkat strategi peningkatan mutu pendidikan UNPAZ sebagai alternatif program kerja dalam upaya peningkatan mutu pendidikan mencakup peningkatan sumber daya manusia, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, sistem pembelajaran dan suasana akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama, dan pembiayaan, sarana dan prasarana. Prioritas dari alternatif program kerja dalam hasil rancangan yang diusulkan adalah peningkatan sumber daya manusia dengan bobot nilai atribut yang diperhatikan berturut-turut: Sumber daya manusia (latar belakang, kecerdasan, dan keterampilan), Organisasi (kebijakan, prosedur, dan pengawasan), Tugas (kepuasan, pengontrolan, dan hubungan timbal balik), lingkungan fisik (kenyamanan, sosial, dan hubungan dengan pekerja), dan Alat/teknologi (kapasitas, integrasi dan fungsi), mutu pendidikan, kemampuan/pengetahuan serta melakukan evaluasi dan penilaian. |
Specific Detail Info | makro ergonomi, multi-kriteria, AHP, mutu pendidikan berstandar nasional, perancangan program kerja |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T.; Prof. Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc. |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |