Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Integrasi Life Cycle Assessment (LCA) dan Goal Programming dalam Analisis Kebijakan Produksi Berbasis Green Manufacturing (Studi Kasus: Produsen Pakan Ternak)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Integrasi Life Cycle Assessment (LCA) dan Goal Programming dalam Analisis Kebijakan Produksi Berbasis Green Manufacturing (Studi Kasus: Produsen Pakan Ternak)
Edition
Call Number 2016/49
ISBN/ISSN
Author(s) Busri, Nur Khaerani
Subject(s) Goal Programming
Life Cycle Assessment
Green Manufacturing
Classification 658.575 2 Bus i
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2016
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Isu mengenai lingkungan menjadi isu strategis di dalam perencanaan/ kebijakan industri terkait dengan dampak industri yang disebabkan oleh aktivitas produksi. Oleh karena itu, perlu adanya kebijakan produksi yang berwawasan lingkungan. Pada penelitian ini akan memaparkan model keputusan multikriteria untuk pemilihan perencanaan produksi yang tidak hanya mempertimbangkan jumlah produksi dengan biaya yang lebih murah, tetapi juga harus mempertimbangkan aspek lingkungan yaitu kriteria dampak lingkungan.
Penelitian ini menggunakan integrasi Life Cycle Assessment (LCA) dan Goal Programming dengan tiga tujuan, yaitu memaksimumkan jumlah produksi, meminimasi total biaya, dan meminimasi dampak lingkungan. Penggunaan LCA disini untuk mencari tahu potensi dampak lingkungan dari input penyusun produk dan selanjutnya hasil output dari LCA akan dijadikan variabel-variabel di dalam Goal Programming. Model keputusan yang dikembangkan di dalam penelitian ini diaplikasikan pada proses produksi pakan ikan dan udang, dengan harapan akan memperoleh solusi optimal dalam perencanaan jumlah produksi yang maksimal dengan minimum total biaya dan minimum dampak terhadap lingkungan.
Variabel keputusan dalam penelitian ini berupa satuan produk i yang diproduksi. Adapun pengujian model dilakukan dengan 5 skenario yang mempertimbangkan prioritas yang berbeda-beda setiap tujuan serta mengubah parameter yang terdapat dalam model, dimana parameter dampak lingkungan yang digunakan dalam seluruh skenario ini. Dari kelima skenario yang disusun dapat disimpulkan bahwa dengan menjadikan tujuan produksi sebagai prioritas tertinggi dan disusul pada tujuan dampak lingkungan serta adanya perubahan nilai parameter dampak lingkungan tersebut memberikan hasil yang memuaskan pada kelima variabel keputusan. Hal ini menunjukkan bahwa target dari perusahaan berupa permintaan dapat tercapai.
Specific Detail Info Kebijakan produksi berwawasan lingkungan, Life Cycle Assessment (LCA), Goal Programming, Green Manufacturing
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, M.Eng.Sc.; Putu Dana Karningsih, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous