Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Performansi Mesin Menggunakan Penerapan Total Productive Maintenance pada PT. Barata Indonesia (Persero)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Performansi Mesin Menggunakan Penerapan Total Productive Maintenance pada PT. Barata Indonesia (Persero)
Edition
Call Number 2017/II/06
ISBN/ISSN
Author(s) Shofiyah, Nanda
Subject(s) Maintenance
TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE
Classification 658.202 Sho p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Pabrik Peralatan Industri Agro (PIA) merupakan salah satu unit pabrik di PT Barata Indonesia (Persero). Dalam menjalankan proses produksinya, perusahaan sering mengalami downtime dimana terdapat beberapa mesin yang memiliki nilai downtime di atas batas maksimum downtime yang ditentukan perusahaan yakni sebesar 5 %. Downtime ini menyebabkan production loss dan mundurnya jadwal pengiriman (late delivery) yang akan berakibat adanya biaya penalty atau additional cost. Selain itu, dalam menjalankan proses produksinya, perusahaan menghasilkan waste berupa produk non conforming. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif solusi untuk meningkatkan performansi mesin di perusahaan tersebut. Penelitian ini dimulai dengan melakukan pengukuran performansi mesin melalui metode Overall Equipment Effectiveness (OEE). Langkah selanjutnya yakni melakukan analisa menggunakan root cause analysis (RCA) untuk mengidentifikasi akar penyebab adanya six big losses yang menyebabkan rendahnya nilai OEE dan analisa kondisi eksisting untuk mengetahui faktor lain yang mempengaruhi rendahnya nilai OEE. Untuk meningkatkan performansi mesin, maka dilakukan usulan langkah perbaikan menggunakan penerapan Total Productive Maintenance (TPM). Implementasi TPM berkontribusi terhadap penurunan waktu breakdown mesin dari 35.430 menit menjadi 10.629 menit, penurunan waktu siklus ideal dari 6.397 menit menjadi 5.118 menit, dan penurunan jumlah produk cacat dari 8 unit menjadi 5 unit yang dapat menyebabkan peningkatan OEE dari 76,30 % menjadi 88,10 %.
Specific Detail Info Six Big Losses, Overall Equipment Effectiveness (OEE), Root Cause Analysis (RCA), Total Productive Maintenance (TPM)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Mokh Suef, M.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous