Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Checklist Penilaian Risiko K3 Dan Kesiapan Mitigasi Bahaya Pada Gedung Perguruan Tinggi (Studi Kasus: ITS Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Checklist Penilaian Risiko K3 Dan Kesiapan Mitigasi Bahaya Pada Gedung Perguruan Tinggi (Studi Kasus: ITS Surabaya)
Edition
Call Number 2017/II/43
ISBN/ISSN
Author(s) Arumsari, Fitria
Subject(s) Checklist
Mitigasi
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
Perguruan Tinggi
Tingkat Bahaya
Classification 658.28 Aru p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memiliki potensi dan risiko bahaya, sehingga penyelenggaraan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan suatu kewajiban agar tercipta lingkungan kerja yang aman dan selamat. Kecelakaan kerja yang merupakan indikasi bahwa implementasi program K3 belum berjalan baik, serta pembangunan gedung bertingkat tinggi dengan kendala evakuasi dan risiko yang lebih besar ketika terjadi bencana, merupakan faktor lain pentingnya implementasi program K3 yang terstruktur dan terintegrasi dengan baik. Salah satu langkah implementasi yang belum diterapkan di perguruan tinggi adalah penilaian dan evaluasi. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan checklist penilaian risiko K3 dan kesiapan mitigasi bahaya pada gedung perguruan tinggi sebagai alat ukur yang objektif. Checklist dikembangkan secara modular, sehingga dapat digunakan berdasarkan karakteristik ruangan penyusun suatu gedung. Dengan melakukan penilaian menggunakan checklist, didapatkan nilai tingkat implementasi K3. Sehingga dapat dibuat pemetaan tingkat bahaya menggunakan Tabel Implementasi K3 – Kecelakaan (Tabel TIK) yang terdiri atas 4 level, yaitu aman, waspada, rawan dan bahaya. Penilaian dan pemetaan dilakukan pada gedung Rektorat, Perpustakaan, Kantor Pusat Administrasi (KPA) dan Departemen Kimia ITS Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gedung Rektorat termasuk dalam level aman, dengan skor tingkat implementasi 4. Sedangkan gedung Perpustakaan, KPA dan Departemen Kimia termasuk dalam level waspada, dengan skor tingkat implementasi 3. Rekomendasi yang diberikan berupa perencanaan tindakan mitigasi risiko di ITS Surabaya yang dimulai pada tingkat institut dengan membentuk Panitia Pembina K3 (P2K3) yang menjalankan fungsi sebagai pembuat kebijakan dan pengawas pelaksanaan program K3. P2K3 sebaiknya mampu merancang standar K3 untuk diterapkan di setiap unit kerja dan departemen sebagai upaya pemenuhan kesiapan dalam penanganan keadaan darurat, seperti penyediaan perlengkapan tanggap darurat, penyediaan prosedur tanggap darurat, pembentukan tim tanggap darurat, pengecekan perlengkapan secara berkala, serta penyelenggaraan pelatihan dan simulasi keadaan darurat.
Specific Detail Info Checklist, Mitigasi, Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3), Perguruan Tinggi, Tingkat Bahaya  
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman, S.T., M.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous