RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Penjadwalan Keberangkatan dan Kedatangan Kereta Api Barang Jalur Ganda Utara Pulau Jawa Dengan Menggunakan Model Simulasi Diskrit |
Edition | |
Call Number | 2015/II/01 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Putra, Rino Supriadi |
Subject(s) | Discrete Simulation Freight Train Freight Train Scheduling scenario |
Classification | 3.830.113 Put p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2015 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Kereta api merupakan salah satu moda transportasi masal yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Tarif lebih murah, waktu tempuh perjalanan yang relatif cepat dan pelayanan yang memuaskan membuat masyarakat semakin tertarik menggunakan kereta api saat bepergian. Secara umum terdapat dua jenis kereta api yang dioperasikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (persero) dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, yakni kereta api penumpang dan kereta api barang yang digunakan untuk mendistribusikan barang di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Namun, pemanfaatan kereta api barang masih belum dapat dimaksimalkan. Penyebabnya, jadwal yang diberikan terbatas, masalah handling, dan juga aksesbilitas menuju stasiun kereta barang yang sulit untuk dijangkau. Sementara itu, permintaan pengiriman barang dengan menggunakan kereta api barang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pemerintah telah menetapkan jumlah muatan barang yang harus terangkut dari Stasiun Kalimas Surabaya adalah sebesar 1.000 TEUs perhari, sedangkan saat ini jumlah jadwal kereta yang beroperasi hanya mampu mendistribusikan barang sejumlah 600 TEUs perhari. Oleh karena itu perlu dilakukan penambahan jadwal keberangkatan kereta api barang, di mana pada penelitian ini akan digunakan model simulasi diskrit untuk menggambarkan sistem perjalanan kereta api. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun skenario penambahan jadwal keberangkatan kereta api, mengukur waktu antar perlintasan kereta api, menentukan jumlah kereta yang diperlukan untuk memenuhi target, dan membandingkan waktu tempuh rancangan model simulasi untuk setiap skenario. Rancangan skenario dalam penelitian tugas akhir ini dilakukan dengan menambahkan satu jadwal keberangkatan kereta api barang di setiap skenario. Setiap skenario memiliki beberapa kombinasi jumlah harian keberangkatan kereta api barang dan akan diambil kombinasi terbaik yang menghasilkan waktu tempuh terpendek. |
Specific Detail Info | Kereta Api Barang, Penjadwalan Kereta Api Barang, Simulasi Diskrit, Skenario |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr.Eng.Ir. Ahmad Rusdiansyah,M.Eng.; Nurhadi Siswanto, ST,MSIE,Ph.D |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |