Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Model Pemilihan Supplier Office Equipment pada PT. X
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Model Pemilihan Supplier Office Equipment pada PT. X
Edition
Call Number 2015/II/06
ISBN/ISSN
Author(s) Armadani, Elvi
Subject(s) Supplier Selection
analytic hierarchy process(AHP)
Technique for order preference by similiarity to ideal solution(TOPSIS)
Classification 658.403 Arm p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Pembelian merupakan hal yang sangat penting bagi proses bisnis sebuah perusahaan. Peningkatan efisiensi dan efektivitas di sektor material akan sangat mempengaruhi biaya produksi perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di era globalisasi. Kesalahan pemilihan supplier dapat mengacaukan kegiatan produksi dan operasi perusahaan. Pengadaan office equipment mengemuka seiring dengan upaya PT X sedang dalam ekspansi mendirikan perusahaan di luar jawa sehingga dibutuhkannya sistem pemilihan supplier yang sistematis.
Pemilihan supplier menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk memberikan bobot masing-masing kriteria, sub kriteria, dan kandidat supplier. Technique for Order Preference by Similiarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk mengambil keputusan pemilihan supplier. Penelitian ini menghasilkan opsi pengadaan dalam pemilihan supplier PT. X. Alternatif pertama PT. X dapat memilih masing-masing produk dengan supplier berbeda dengan hasil rangking dari TOPSIS, yaitu produk meja memilih PT. IDK, produk kursi PT. SAP, produk karpet PT. TSW, produk wall covering PT. SAP, produk backdrop PT. SSN, produk peredam suara PT. TSW, dan produk gorden PT. SSN. Alternatif kedua pemilihan supplier berdasarkan dua katagori terpilih pada katagori tujuh supplier pada produk meja dan kursi terpilih PT. IDK. Untuk katagori tiga supplier terpilih PT. TSW . Untuk pemilihan supplier pengadaan dilakukan oleh satu supplier terpilih PT. TSW
Specific Detail Info Pemilihan Supplier, Analytic Hierarchy Process (AHP), Technique for Order Preference by Similiarity to Ideal Solution (TOPSIS)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Iwan Vanany, ST, MT,Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous