Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja pada PT.X dengan Framework Balanced Scorecard
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja pada PT.X dengan Framework Balanced Scorecard
Edition
Call Number 2015/II/07
ISBN/ISSN
Author(s) Robiady, Sandy Febrian
Subject(s) AHP
Balanced Scorecard
Performance Measurement
Cascading
Classification 658.403 Rob p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT. X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industi pembuatan moda transportasi baik berupa produk maupun jasa. Untuk mengetahui apakah strategi yang dijalankan perusahaan berjalan baik atau tidak, perusahaan harus melakukan penilaian kinerja. Penilaian kinerja yang dilakukan oleh PT. X masih menggunakan KPKU (Kriteria Penilaian Kinerja Unggul) yang merupakan pengukuran kinerja dari pemerintah. Namun penilaian kinerja yang diimplementasikan tidak terintegrasi dari korporat hingga ke level individu pada perusahaan.
Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan sistem pengukuran kinerja yang terintegrasi dari level korporat hingga level individu dengan menggunakan Balanced Scorecard (BSC). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu, merancang sistem pengukuran kinerja pada level korporat, divisi, departemen, dan individu. Hal ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi sasaran strategis yang ada, lalu pemetaan sasaran f strategi dengan menggunakan BSC, dan proses penyusunan Key Performance Indicator (KPI). Tahap selanjutnya adalah merancang sistem pengukuran kinerja divisi dan departemen dengan cara melakukan cascading dari sasaran strategi level korporat atau divisi , lalu mengidentifikasi output dan stakeholder expectation dan perumusan sasaran strategi divisi/departemen dan KPI,dan melakukan pembobotan dengan menggunakan AHP (Analytical Hierarchy Process).. Kemudian tahap terakhir adalah melakukan uji coba pengukuran kinerja dengan menggunakan metode scoring OMAX (Objective Matrix).
Pada penelitian ini didapatkan hasil pada level korporat memiliki 27 KPI, level Divisi Pengembangan SDM memiliki 17 KPI, level departemen dengan diambil contoh Departemen Sistem Organisasi dan Manajemen memiliki 13 KPI, level individu dengan diambil contoh Manajer Departemen Memiliki 13 KPI. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan perusahaan dapat memiliki pengukuran kinerja yang terintegrasi mulai dari level korporat hingga level individu.
Specific Detail Info Analytical Hierarchy Process, Balanced Scorecard, Cascading, OMAX(Objective Matrix),Pengukuran Kinerja
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Naning Aranti Wessiani, ST,MM
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous