RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Analisis Kebijakan Penerapan Kontrak Capacity-Options dalam Pengelolaan Pendapatan Kargo Udara dengan Pendekatan Sistem Dinamik |
Edition | |
Call Number | 2015/II/11 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Fadhilah, Soraya Hasna |
Subject(s) | REVENUE MANAGEMENT SYSTEM DYNAMIC Air Cargo |
Classification | 658.155 Fad a |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2015 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Perkembangan industri global yang semakin menguat membuat jasa pengangkutan kargo semakin berkembang, terutama kargo udara. Hal tersebut merupakan peluang bagi pelaku industri kargo udara (Shippers, Carriers, dan Freight Forwarders) untuk mengoptimalkan pendapatannya. Sistem pengelolaan pendapatan kargo udara yang lebih kompleks daripada pesawat penumpang membuat terdapat berbagai macam jenis kontrak yang berusaha memenuhi kebutuhan Carriers dan Freight Forwarders dari segi pengelolaan pendapatannya. Freight Forwarders yang mengalami ketidakpastian demand dari Shippers serta keengganan untuk terikat dalam kontrak serta Carriers yang berkehendak mengoptimalikan utilitas ruang kargonya membuat munculnya penelitian tentang kontrak Capacity-Options, kontrak yang memungkian terjadinya fleksibilitas dalam hal penyewaan ruang kargo, oleh Hellermann (2006). Dalam penelitiannya, Hellerman membandingkan kontrak Capacity-Options dengan Bid Market yang hasilnya penggunaan kontrak Capacity-Options jauh lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap kebijakan penerapan kontrak Capacity-Options dengan menggunakan sistem dinamik untuk mengetahui kebijakan penerapan seperti apa yang perlu dilakukan sehingga Capacity-Options mampu menguntungkan kedua belah pihak baik Carriers maupun Freight Forwarders. Variabel respon yang digunakan sebagai acuan penilaian skenario-skenario kebijakan yang dibuat adalah pendapatan Carriers, pendapatan Freight Forwarders, tingkat utilitas kargo, jumlah cancellations, jumlah offloads, serta jumlah kapasitas tidak digunakan. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi skenario kebijakan terbaik yang mengakomodasi kebutuhan Carriers dan Freight Forwarders. |
Specific Detail Info | Pengelolaan Pendapatan, Sistem Dinamik, Kargo Udara |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr.Eng.Ir. Ahmad Rusdiansyah,M.Eng.; Nurhadi Siswanto, ST,MSIE,Ph.D |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |