Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Workload Analysis to Determine Number Of Nurse Practitioner And Nursing Assistant In Inpatient Unit, Al-Irsyad Hospital Surabaya
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Workload Analysis to Determine Number Of Nurse Practitioner And Nursing Assistant In Inpatient Unit, Al-Irsyad Hospital Surabaya
Edition
Call Number 2015/II/15
ISBN/ISSN
Author(s) Eriyandari, Wike
Subject(s) Stopwatch Time Study
Workload
Inpatient unit Nurse
Classification 006.3 Eri w
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Perawat merupakan aset penting yang dimiliki oleh rumah sakit. Manajemen staf keperawatan yang tepat akan meningkatkan kualitas pelayanan di industri kesehatan. Manajemen yang tidak tepat menyebabkan perawat mengalami beban kerja rendah atau berlebih. Dengan melakukan pengukuran beban kerja akan diketahui jumlah optimal perawat yang dibutuhkan.
Penelitian ini menganalisa beban kerja pada perawat pelaksana dan pembantu perawat di unit rawat inap, rumah sakit Al-Irsyad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah stopwatch time study.
Hasil penelitian menunjukkan beban kerja yang dialami perawat pelaksana di unit interne zaal adalah 15.79, unit interne kelas adalah 6.59, unit anak zaal adalah 10.84, unit anak kelas adalah 10.79, dan unit bedah adalah 11.44. Sedangkan, beban kerja yang dialami pembantu perawat di unit interne zaal adalah 3.93, unit interne kelas adalah 2.58, unit anak zaal adalah 2.76, dan unit bedah adalah 4.62. Berdasarkan hasil pengukuran beban kerja dan mempertimbangkan kondisi di unit rawat inap, rekomendasi jumlah optimal perawat adalah 20 perawat di unit interne zaal, 10 perawat di interne kelas, 14 perawat di anak zaal, 11 perawat di anak kelas, dan 17 perawat di unit bedah.
Specific Detail Info Beban Kerja, Perawat, Unit Rawat Inap, Stopwatch Time Study
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman, ST,MSc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous