Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Beban Kerja Tahunan Berdasarkan Evaluasi Job Descrption Melalui Pemetaan Proses Bisnis pada Pegawai Jurusan ( Studi Kasus : Jurusan Teknik Industri ITS Surabaya)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Beban Kerja Tahunan Berdasarkan Evaluasi Job Descrption Melalui Pemetaan Proses Bisnis pada Pegawai Jurusan ( Studi Kasus : Jurusan Teknik Industri ITS Surabaya)
Edition
Call Number 2015/II/19
ISBN/ISSN
Author(s) Izzati, Arini Fitriya
Subject(s) Business Process
CIMOSA
Workload Index
Job Description
Classification 006.3 Izz a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Penelitian mengenai alokasi beban kerja bagi pegawai telah banyak dilakukan. Namun, metode pengalokasian dan pengukuran beban kerja yang digunakan pada penelitian-penelitian sebelumnya belum dapat mengalokasikan dan mengukur beban kerja tahunan yang diterima oleh pegawai. Dalam mengalokasikan beban kerja, perlu dimulai dengan melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap job description yang diterima oleh pegawai. Penelitian ini mempertimbangkan proses bisnis Jurusan sebagai bahan evaluasi terhadap job description pegawai yang telah ada. Obyek dari penelitian ini adalah pegawai Jurusan Teknik Industri ITS. Metode kerangka proses bisnis yang digunakan adalah CIMOSA. Sedangkan perhitungan beban kerja dan jumlah optimal pegawai dilakukan menggunakan metode indeks beban kerja yang dikombinasikan dengan studi pengukuran waktu, yakni stopwatch time study untuk aktivitas-aktivitas yang rutin dilakukan, dan selanjutnya disimulasikan untuk mengetahui jumlah waktu aktual selama satu tahun. Hasil perhitungan indeks beban kerja diverifikasi dengan hasil konversi nilai working work sampling di bulan pengamatan untuk mendapatkan nilai working selama satu tahun. Dari hasil deployment job description berdasarkan proses bisnis Jurusan, didapatkan total tambahan sebanyak 65 job description baru. Indeks beban kerja terbesar bernilai 1,645 dialami oleh Caraka, sedangkan indeks beban kerja terkecil bernilai 0,086 dialami oleh Pustakawan. Dari penelitian ini juga didapatkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai beban kerja dari metode work sampling dan stopwatch time study hanya di bulan baseline saja dengan metode work sampling dan stopwatch time study yang telah dikonversikan selama satu tahun. Hal ini dibuktikan dari nilai 0 yang berada pada rentang -0,3205 ≤ µ1- µ2 ≤ 0,0113 dan nilai p sebesar 0,906 dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima, yakni beban kerja dari hasil work sampling dan stopwatch time study konversi merepresentasikan beban kerja yang dihitung dari work sampling dan stopwatch time study di bulan baseline.

Specific Detail Info CIMOSA, Indeks Beban Kerja, Job Description, Proses Bisnis, Simulasi, Stopwatch Time Study, Work Sampling
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman, ST,MSc.; Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous