Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Reduksi Cacat pada PT. Panca Tunggal Cipta Karya sentosa Menggunakan Pendekatan Lean Manufacturing
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Reduksi Cacat pada PT. Panca Tunggal Cipta Karya sentosa Menggunakan Pendekatan Lean Manufacturing
Edition
Call Number 2015/II/21
ISBN/ISSN
Author(s) Napitupulu, Denisa Melva
Subject(s) Big Picture Mapping
Value Stream Mapping
Risk Assesment
Root Cause Analysis(RCA)
Classification 658.566 Nap r
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Manufaktur memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Proses ini menggunakan energi dan mengahasilkan limbah yang berdampak terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Berdasarkan fakta ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surabaya yang didukung oleh peraturan Undang Undang Republik Indonesia Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Perindustrian pasal 3 ayat c yang memuat tentang industri hijau menyelenggarakan Program Penghargaan Industri Hijau. Program ini ditujukan untuk membantu perusahaan di Surabaya untuk meningkatkan efisiensi perusahaan dan meminimalisir jumlah limbah yang dihasilkan.
PT. Panca Tunggal Cipta Karya Sentosa merupakan salah satu peserta program Penghargaan Industri Hijau di Surabaya. Perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur plastik. Produk yang dihasilkan perusahaan ini berupa box file, timba cor, clipboard, dan lain lain. Selain itu, perusahaan ini juga menerima orderan cetakan dari perusahaan lain. Perusahaan ini memiliki 8 buah mesin injection molding yang dibedakan atas daya, kapasitas dan ukuran cetakan mesin. Pada umunya proses produksi untuk setiap produk adalah sama. Perbedaanya terletak pada proses finishing dan komponen tambahan (jika ada) serta pengemasan dari setiap produk. Setiap harinya perusahaan ini menghasilkan prouk cacat dalam jumlah yang cukup banyak. Dalam hal ini, metode Root Cause Analysis digunakan untuk mengidentifikasi akar masalah cacat pada produk. Selanjutnya digunakan metode Risk Analysis untuk mengetahui akar masalah yang memiliki potensi resiko yang paling besar. Setelah itu, maka diusulkan rekomendasi perbaikan yang dapat diterapkan di perusahaan.
Berdasarkan hasil identifikasi lapangan dan brainstorming dengan pemilik perusahaan terdapat empat akar masalah utama terjadinya cacat di perusahaan. Akar masalah terjadinya cacat di perusahaan yaitu tidak adanya Standar Operational Procedure (SOP) untuk proses produksi, kurangnya keterampilan operator, tidak adanya maintenance pada peralatan dan mesin dan kondisi yang kurang ergonomis. Berdasarkan hasil diskusi dengan pemilik perusahaan dan memperhatikan kondisi lapangan diberikan dua rekomendasi terpilih. Rekomendai perbaikan tersebut adalah membuat SOP untuk proses produksi di perusahaan dan membuat form pendukung dalam proses produksi untuk pendataan mesin yang breakdown dan jumlah produk yang cacat.
Specific Detail Info Big Picture Mapping, Risk Assessment, Root Cause Analysis (RCA), Value Stream Mapping
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Maria Anityasari, ST,ME;Ph.D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous