Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perbaikan Proses Pemeliharaan Wheel Pesawat pada Unit Wheel;Brake;Landing Gear (TCW) PT. GMF Aeroasia dengan Penerapan Lean Production
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perbaikan Proses Pemeliharaan Wheel Pesawat pada Unit Wheel;Brake;Landing Gear (TCW) PT. GMF Aeroasia dengan Penerapan Lean Production
Edition
Call Number 2015/II/26
ISBN/ISSN
Author(s) Ziyad, Muhammad
Subject(s) AHP
Lean Production
Root Cause Analysis
main wheel
Classification 658.403 Ziy p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Pasar MRO di Asia Pasifik sangat menjanjikan, hal ini dapat dilihat dari pendapatan per segmen pasar di Asia Pasifik untuk Component dan Engine yaitu sebesar 39% dan 30%, lalu diikuti oleh Line Maintenance (15%), Heavy Maintenance (8%) dan Modification (8%). Tentunya menjadi pangsa pasar yang sangat besar bagi industri Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) nasional, melihat pertumbuhan yang signifikan. GMF AeroAsia merupakan perusahaan nasional yang bergerak di bidang maintenance, repair, and overhaul pesawat terbang. Salah satu unit yang memiliki utilitas tinggi adalah unit wheel,brake landing gear (TCW) GMF AeroAsia, dikarenakan permintaan pemeliharaan yang banyak dari operator penerbangan seperti Garuda Indonesia dan Non-Garuda Indonesia. Terdapat beberapa permasalahan pada pemeliharaan wheel yang dilakukan. Berdasarkan data capaian target pada April 2015 diketahui bahwa rata-rata pencapaian TAT dari bulan April-Juni sebesar 96% dari 99% target yang sudah ditetapkan perusahaan. Keterlambatan ini diakibatkan oleh waste yang terdapat pada proses. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan perbaikan dengan menggunakan pendekatan lean production. Penelitian ini dilakukan pada proses overhaul main wheel B737-800NG karena tingginya permintaan. Selanjutnya dilakukan identifikasi waste dengan menggunakan metode Value Stream Mapping (VSM) Analysis dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Waste kritis yang didapatkan adalah waiting, transportation, dan not utilizing employee knowledge, skill, and abiity. Tahapan selanjutnya adalah analisa dengan menggunakan bantuan tools 5 Why’s dan FMEA untuk mengetahui root cause, kemudian disusun alternatif perbaikan. Selanjutnya dilakukan pemilihan rekomendasi terbaik dengan mengunakan value engineering. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan altenatif terbaik yaitu melakukan peningkatan fasilitas dan relayout. Hasil rekomendasi terpilih disimulasikan. Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan, perusahaan mampu mereduksi TAT overhaul main wheel B737-800NG menjadi 4.8 hari dengan total biaya sebesar Rp. 550.071.313,00.

Specific Detail Info AHP, Lean Production, Main Wheel, Root Cause Analysis, Turn Around Time, VSM, Waste
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Hari Supriyanto, MSIE; Dewanti Anggrahini, ST,MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous