Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perbaikan Sistem Kerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Makanan untuk Peningkatan Produktivitas (Studi Kasus : CV. Syafrida Snack,Surabaya )
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perbaikan Sistem Kerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Makanan untuk Peningkatan Produktivitas (Studi Kasus : CV. Syafrida Snack,Surabaya )
Edition
Call Number 2015/II/33
ISBN/ISSN
Author(s) Pamungkas, Choirunisa Dhara
Subject(s) Productivity
Small medium enterprise (SME)
value stream anlaysis tools
objective matrix
Classification 658.421 Pam p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2015
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Peningkatan produktivitas dan kapasitas produksi suatu UKM terkendala oleh beberapa hal. Padahal peningkatan tersebut merupakan hal penting dalam menghadapi persaingan bebas AEC 2015. CV. Syafrida Snack, UKM produsen kacang mete olahan yang menjadi objek amatan penelitian ini juga menghadapi kendala dalam meningkatkan produktivitas dan kapasitas tersebut. Keterbatasan yang dihadapi CV. Syafrida Snack yaitu kapasitas mesin yang kurang memadai dan tidak seimbang serta tata letak lantai produksi yang tidak standar. Hal ini mengakibatkan terjadinya waste waiting, waste excessive transportation serta inventory yang berlebihan. Untuk menjawab permasalahan yang dihadapi CV. Syafrida Snack, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode VALSAT, pengukuran produktivitas OMAX, perancangan sistem kerja, serta perencanaan fasilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari proses produksi pengolahan kacang mete kurang lebih 82%-nya digunakan untuk non-value adding activity yaitu jenis aktivitas storage, sisanya digunakan untuk proses operasi, transportasi dan inspeksi. Nilai indikator produktivitas Januari hingga April 2015 setiap dua minggu adalah 5,44; 8,77; 2,36; 1,96; 1,55; 3,32; 0,68; dan 1,64. Sementara, nilai indeks produktivitas setiap dua minggu mulai bulan Januari hingga April 2015 adalah 0,81; 0,61; -0,73; -0,17; -0,21; 1,14; -0,80; dan 1,42. Rekomendasi perbaikan yang diusulkan adalah penambahan mesin yang bertujuan untuk menyeimbangkan kapasitas produksi antar stasiun kerja untuk mengeliminasi waste waiting, penambahan alat material handling berupa manual scissors lift table, dan perancangan ulang tata letak fasilitas lantai produksi untuk meminimalisir waste excessive transportation. Dengan penerapan alternatif ini, produktivitas CV. Syafrida Snack dapat meningkat dengan output produksi perbaikan mencapai 300% dibandingkan output produksi saat ini.
Specific Detail Info Usaha Kecil dan Menengah (UKM), produktivitas, Value Stream Analysis Tools (VALSAT), Objective Matrix (OMAX), perancangan sistem kerja, perancangan fasilitas
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr.Ir. Sri Gunani Partiwi, MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous