Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Evaluasi Jumlah Armada Truk untuk Mengurangi Ship Turnaround Time Pada Perusahaan Pelayaran Petikemas di Surabaya
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Evaluasi Jumlah Armada Truk untuk Mengurangi Ship Turnaround Time Pada Perusahaan Pelayaran Petikemas di Surabaya
Edition
Call Number 2017/II/54
ISBN/ISSN
Author(s) Mertawati, Gusti Ayu Indah Pratiwi
Subject(s) Discrete Simulation
Turnaround Time
Classification 650.1 Mer e
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Armada truk merupakan moda transportasi yang berperan penting dalam proses bongkar muat oleh perusahaan pelayaran petikemas. Perusahaan pelayaran petikemas menggunakan armada truk sebagai moda transportasi untuk memindahkan petikemas dari container yard ke depo atau sebaliknya serta sebagai sarana transportasi utama untuk bongkar muat dengan sistem truck load. Kurangnya armada truk dapat mengakibatkan waktu proses bongkar muat yang panjang dan berdampak pada lamanya ship turnaround time di pelabuhan. Hal ini akan mengakibatkan berbagai kerugian dari perusahaan baik dari sisi operasional maupun kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan sebaiknya mengetahui jumlah armada truk yang tepat pada proses operasional bongkar muat.
Penelitian ini menggunakan metode discrete-event simulation untuk mengatasi ketidakpastian yang ada pada proses bongkar muat seperti jumlah kedatangan kapal serta jumlah petikemas bongkar dan muat dengan ukuran yang berbeda. Ukuran performansi yang ingin dicapai yakni, minimasi ship turnaround time serta peningkatan waiting time di pelabuhan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model simulasi yang dibangun dapat digunakan untuk memperbaiki sistem bongkar muat petikemas serta menentukan jumlah armada truk perusahaan. Dengan mempertimbangkan variabel Net Present Value (NPV) maka dipilih skenario 1 yang menghasilkan output rata-rata ship turnaround time sebesar 332.83 jam dan nilai NPV sebesar Rp 494,507,632,931. Penambahan armada truk sejumlah 48 unit berukuran chasis 40 feet dapat mengurangi ship turnaround time, sehingga perusahaan terhindar dari terjadinya pengusiran kapal, penalti, stack petikemas bongkar di Pelabuhan 1, keterlambatan kapal.
Specific Detail Info Petikemas, Ship Turnaround Time, Simulasi Diskrit.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. Moses L. Singgih, MSc., MRegSc., Ph.D., IPU
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous