Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Penerapan Six Sigma pada Perbaikan Kualitas Produk Pasta Gigi menggunakan Design of Experiment Metode Taguchi (Studi Kasus PT. XYZ)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Penerapan Six Sigma pada Perbaikan Kualitas Produk Pasta Gigi menggunakan Design of Experiment Metode Taguchi (Studi Kasus PT. XYZ)
Edition
Call Number 2017/II/62
ISBN/ISSN
Author(s) Sasando, N.K. Alfonsus
Subject(s) Product Quality
Six Sigma
Taguchi
Classification 658.562 Sas p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Kualitas merupakan suatu hal yang sangat penting agar suatu produk atau jasa dapat tetap eksis dalam persaingan yang ada. PT XYZ adalah perusahaan fast moving consumer goods. PT XYZ dibagi ke dalam 2 segmen yaitu segmen home and personal care products dan segmen foods and beverages. Salah satu cabang divisi personal care adalah sub-divisi oral care, yang mana mayoritas produksinya adalah pasta gigi. Penelitian ini difokuskan pada pasta gigi jenis PSD ukuran 225 gram. Jenis cacat yang memiliki prosentase terbesar adalah cacat product collapse. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana memperbaiki kualitas proses produksi pasta gigi dan mengurangi jumlah produk cacat.
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Six Sigma dengan menggunakan framework DMAIC. Pada tahap define dilakukan identifikasi permasalahan, pada tahap measure dilakukan pengukuran current state kinerja proses perusahaan, tahap analyze dilakukan analisa serta penentuan akar masalah berdasarkan cacat yang terjadi, dan tahap improve dilakukan desain eksperimen metode Taguchi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kobinasi level optimal untuk dapat mengurangi jumlah cacat yang terjadi. Kombinasi tersebut adalah tebal film plastik 21 mikron, beda potensial film plastik 0,5 kV, ukuran gap timing belt - green belt 25 mikron, tekanan udara airblow 0,5 bar, temperatur sealing 150 oC, dan lebar film 340 mm.
Specific Detail Info Six Sigma, DMAIC, Metode Taguchi
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing H. Hari Supriyanto, Ir. MSIE.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous