Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Simulasi Sistem Order Picking Untuk Mereduksi Waktu Pengambilan Barang Jadi (Studi Kasus: PT. NPK Jadimas)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Simulasi Sistem Order Picking Untuk Mereduksi Waktu Pengambilan Barang Jadi (Studi Kasus: PT. NPK Jadimas)
Edition
Call Number 2017/II/63
ISBN/ISSN
Author(s) Hutapea, Clara Beatrix
Subject(s) Discrete Simulation
Order Picking
Classification 003 Hut s
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes PT NPK Jadimas adalah salah satu produsen pupuk yang terletak di wilayah Gresik, Jawa Timur. Terdapat banyak jenis pupuk yang ditawarkan dengan production rate sebanyak 350 ton/hari dengan sistem produksi yang bersifat make to order (MTO) yang menyebabkan banyaknya variansi jenis dan jumlah pupuk yang dipesan. Sistem penyimpanan random storage selama ini berdampak pada sistem order picking yang membuat picker kesulitan mencari barang sehingga waktu proses pengambilan barang cenderung lama.
Metode simulasi diskrit dipilih sebagai tool yang mampu menggambarkan tahapan manufaktur dan tata letak penyimpanan barang tanpa implementasi secara langsung untuk mendapatkan skenario terbaik untuk mereduksi order picking cycle time yang terdiri dari komponen waktu travel time dan process time. Simulasi diskrit juga digunakan untuk mengevaluasi kejadian random yang mungkin terjadi terkait variansi produk dan komposisi pupuk yang diminta oleh konsumen.
Kondisi perbaikan yang dilakukan adalah terkait pembagian wilayah order picking, penambahan titik docking pada salah satu gudang untuk meminimalisasi jarak tempuh material handling dalam melakukan proses pengambilan barang. Selain itu juga dilakukan penambahan resource material handling berupa forklift untuk dapat mereduksi order cycle time secara keseluruhan.
Hasil penelitian menunjukkan model simulasi yang dibangun dapat digunakan untuk memperbaiki sistem order picking di PT NPK Jadimas agar waktu proses pengambilan barang tidak memakan waktu yang terlalu lama. Dengan adanya penambahan titik docking dan material handling berupa forklift, jarak tempuh yang tereduksi memberikan pengaruh yang berbanding lurus dengan order picking cycle time sehingga waktu pengambilan barang dapat tereduksi sebesar 39 % dan utilitas forklift sebesar 49%.
Specific Detail Info Pupuk NPK, Penyimpanan, Pengambilan, Order Picking, Simulasi Diskrit
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. Suparno, MSIE., Ph. D
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous