RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Evaluasi Penentuan Strategi Alokasi Pengiriman Pada Area 5 PT Semen Indonesia Logistik |
Edition | |
Call Number | 2017/II/71 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Salsabella, Hanum |
Subject(s) | DISTRIBUTION MANAGEMENT Delivery Strategy Assigment Problem |
Classification | 658.78 Sal e |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2017 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | PT Semen Indonesia Logistik merupakan perusahaan ekspeditur jasa logistik bahan bangunan yang bekerja berdasarkan target pengiriman yang sebelumnya disetujui melalui kontrak dengan client. Terdapat beberapa konstrain yang mempengaruhi pengiriman tidak dapat maksimal, yaitu kapasitas gudang, alokasi pengiriman dan kemampuan bongkar. Penentuan alokasi pengiriman yang kurang tepat dapat mempengaruhi realisasi target rendah, jumlah stock out yang tinggi, jumlah semen rusak yang tinggi, dan utilisasi truk yang rendah. Oleh karena itu, pada penelitian ini dirancang sebuah Decision Support System (DSS) yang dapat membantu menentukan alokasi pengiriman yang optimal guna meningkatkan realisasi target dan utilisasi truk, serta menurunkan jumlah stock out dan jumlah semen rusak. Pada penelitian ini dikembangkan 3 skenario untuk menentukan kemampuan bongkar masing-masing gudang, yaitu skenario dengan alokasi minimum, maksimum, dan moderate. Dari hasil uji coba skenario diperoleh skenario dengan realisasi pengiriman tertinggi adalah skenario 2. Skenario dengan jumlah stock out terkecil adalah skenario 2. Skenario dengan jumlah semen rusak terkecil adalah skenario 1. Skenario dengan rata-rata ritase truk tertinggi adalah skenario 1. Kondisi perbaikan optimal ketika diterapkan skenario 3 yang dapat meningkatkan realisasi pengiriman hingga 96% untuk gudang SILOG dan 99% untuk gudang APW, jumlah stock out menurun sebesar 136.675 zak semen, jumlah semen rusak menurun sebesar 56.304 zak semen, meningkatkan rata-rata ritase sebesar 1,1343 ritase per truk, dan melakukan penghematan sebesar Rp7.911.630.982,00. |
Specific Detail Info | Assignment Problem, Delivery Strategy, Decision Support Tools |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng, CSCP, CLTD |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |