Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Produktivitas pada Sistem Produksi Manufaktur Pipa Baja dengan Pendekatan Model Simulasi Kejadian Diskrit (Studi Kasus: PT Bakrie Pipe Industries)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Produktivitas pada Sistem Produksi Manufaktur Pipa Baja dengan Pendekatan Model Simulasi Kejadian Diskrit (Studi Kasus: PT Bakrie Pipe Industries)
Edition
Call Number 2017/II/78
ISBN/ISSN
Author(s) Adidarma, Saviera Lavenia
Subject(s) Discrite Simulation
Production System
Classification 003 Adi p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Produksi merupakan salah satu aktivitas perusahaan yang paling penting karena berhubungan langsung dengan pemenuhan demand customer. PT Bakrie Pipe Industries merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur pipa baja yang saat ini sedang memiliki permasalahan terkait pemenuhan order yang tidak maksimal. Hal ini dikarenakan demand yang sangat fluktuatif dan proses produksi yang tidak berjalan lancar dengan semestinya yang menyebabkan tidak tercapainya target produksi. Peningkatan jumlah output produksi atau produktivitas dan meminimumkan bottleneck untuk sistem produksi pipa baja harus mempertimbangkan beberapa faktor, yaitu banyaknya variasi produk, jumlah dan waktu kerja dari resource yang ada. Adanya variabilitas dan keterkaitan antar faktor-faktor tersebut mengakibatkan peningkatan produktivitas semakin kompleks. Penelitian ini menggunakan software Arena dalam perancangan model discrete-event simulation untuk meningkatkan produktivitas pada suatu sistem produksi pipa baja. Ukuran performansi sistem distribusi yang ingin dicapai yaitu memaksimalkan jumlah output produksi, meminimumkan lead time dan mencapai target pemenuhan demand yang diharapkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model simulasi mampu menggambarkan sistem produksi pipa baja secara nyata. Model dapat menghasilkan keputusan strategis terkait penentuan jumlah mesin dan shift kerja resource dan meminimumkan demand shortages.
Specific Detail Info Pipa Baja, Sistem Produksi, Discrete-Event-Simulation, Arena
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Nurhadi Siswanto, S.T., MSIE., Ph.D.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous