Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Model Simulasi Pengiriman Material Drilling dengan Pertimbangan Waktu Pemesanan
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Model Simulasi Pengiriman Material Drilling dengan Pertimbangan Waktu Pemesanan
Edition
Call Number 2017/II/99
ISBN/ISSN
Author(s) Khasanah, Istna Nisa
Subject(s) Just in Time Discrete Simulation
Material Drilling
Classification 658.5 Kha m
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Harga minyak dunia yang menurun mengakibatkan perusahan minyak dan gas melakukan penghematan dengan menghapus proses yang tidak bernilai tambah seperti keterlambatan pengiriman material. Pada perusahaan, keterlambatan material akan mengakibatkan efek domino terhadap proses lain. Keterlambatan pengiriman material ke lokasi pengiriman disebabkan keterlambatan pengiriman material ke Marunda Shorebase dari supplier. Hal ini dikarenakan perusahaan melakukan pemesanan material bertepatan pada hari material tersebut harus dikirimkan ke lokasi pengiriman di tengah laut. Selain itu, pemilihan kapal yang kurang tepat dapat mengakibatkan keterlambatan. Di satu sisi pemilihan penggunaan kapal yang tepat dapat memudahkan dalam pengaturan muat sehingga peningkatan ontime delivery dan utilitas luas dek kapal dapat terwujud.
Penelitian ini menggunakan metode simulasi diskrit untuk mengatasi ketidakpastian pada proses pengiriman material seperti waktu order material, waktu pengiriman pesanan yang berbeda tiap material, dan waktu pengiriman ke lokasi di tengah laut. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu meningkatkan ontime delivery dan utilitas luas dek kapal sehingga didapatkan biaya minimum.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengatasi atau mengurangi keterlambatan maka pemesanan material dimajukan menjadi 24 jam sebelum pemesanan normal dengan penentuan kapal berdasarkan kapasitas terendah dan pengiriman pada pukul 16.00 WIB. Kapal yang digunakan untuk pengiriman material drilling sebanyak 4 kapal dari 7 kapal yang tersedia. Skenario perbaikan ini meningkatkan nilai ontime delivery sebesar 17.28%, utilitas luas dek kapal sebesar 12.6%, dan penghematan sebesar Rp 1,392,661,818.

Specific Detail Info Material drilling, Pemesanan Material, Moda Transportasi Laut, Simulasi Diskrit.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D., CSCP
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous