RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Pengembangan Model Dan Algoritma Untuk Penjadwalan Distribusi Semen Dengan Menggunakan Kapal Bulk Carrier Pada PT Semen Indonesia |
Edition | |
Call Number | 2017/II/105 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Rasyidi, Bima |
Subject(s) | Scheduling Bulk Product Inventory Routing Problem Ship |
Classification | 658.56 Ras p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2017 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Banyak perusahan yang menggunakan kapal jenis bulk carrier untuk mendistribusikan produknya.Untuk mengoptimalkan penggunaan sewa kapal dan distribusi yang lebih efisien, perlu pemahaman yang komprehensif terkait distribusi menggunakan kapal, seperti Inventory Kapal Routing Problem (ISRP). Berdasarkan permasalahan dan kondisi nyata pada distribusi semen curah dengan menggunakan kapal bulk carrier pada perusahaan semen di Indonesia. Penelitian ini adalah simplifikasi model dan pengembangan algoritma heurtistik untuk Single Product Inventory Kapal Routing Problem. Model ini mampu mengakomodasi multi depo, titik awal kapal bisa dimana saja. Model ini juga memiliki batasan – batasan seperti batasan inventori kapal, inventori port, waktu loading/unloading, time windows, batasan tersebut digunakan untuk memenuhi fungsi tujuan untuk meminimumkan total biaya. Algoritma utama yang dikembangkan pada penelitian sebelumnya dibagi menjadi tiga tahapan sebagai berikut, tahapan penentuan critical ports, pemilihan kapal, dan penentuan rute kapal. Hasil dari penelitian ini adalah program dengan menggunakan VBA di Microsoft Excel 2013 dimana mampu digunakan untuk menyelesaikan single product inventory kapal routing problem. |
Specific Detail Info | Bulk Carrier, Inventory Kapal Routing Problem, Bulk Product, Heuristik |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng, CSCP, CLTD |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |