Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengembangan Model Pengaruh Customer Review dan Emotional Design terhadap Repeat Purchase Intention pada Online Store dengan Pertimbangan Satisfaction dan Trust
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengembangan Model Pengaruh Customer Review dan Emotional Design terhadap Repeat Purchase Intention pada Online Store dengan Pertimbangan Satisfaction dan Trust
Edition
Call Number 2017/II/107
ISBN/ISSN
Author(s) Aritonang, Joshua C.
Subject(s) PRODUCT DESIGN
Satisfaction
Classification 658.812 Ari p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Dewasa ini internet sudah menjadi kebutuhan dasar manusia. Informasi yang terus mengalir cepat dan rasa keingintahuan manusia yang besar mendukung perkembangan internet yang sangat pesat. Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan pengguna internet yang besar. Hal ini didukung dengan hasil riset dari yang dikeluarkan oleh APJII menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan menjadi 88.1 juta pengguna dari tahun 2005 hingga 2014 (APJII, 2014). Menurut survey APJII Tahun 2014, pengguna internet telah mencapai 34.9% dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 252.4 juta penduduk. Komposisi pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan menjadi sebesar 132,7 juta pada tahun 2016 dari 88,1 juta penduduk pada tahun 2014.
Konsumen yang berpeluang menjadi pelanggan tetap merupakan salah satu tujuan dari pelaku usaha khususnya pada Online Store untuk mencari keuntungan. Pelanggan dapat menghasilkan keuntungan yang besarnya lima kali dari konsumen biasa. Hal ini karena adanya indikator kepuasan yang menstimulasi kepercayaan sehingga membuat adanya kemungkinan untuk pembelian berulang (repeat purchase intention). Sebagai penelitian pengembangan, pada penelitian ini ditambahkan variabel laten satisfaction dan trust. Satisfaction merupakan kepuasan terhadap jasa atau produk yang telah diberikan dari penjual. Hal ini masih menjadi pertanyaan, apakah pembeli benar merasakan kepuasan yang sesuai dengan ekspektasi penyedia jasa atau produk. Apakah dari ketersediaan fitur yang diberikan dapat memberikan kepuasan yang sesuai dengan harapan penjual dan mempengaruhi terhadap pembelian berulang oleh pembeli. Alat yang dipakai pada penelitian ini berupa kuesioner yang dibagikan secara online dengan menggunakan Google Forms. Hasil dari kuesioner dianalisa beserta struktur model. Strutur model diuji dengan metode CFA (Confirmatory Factor Analysis) dan SEM (Structural Equation Model). Pengolahan data diolah dengan menggunakan software LISREL 8.8. Jumlah responden yang mengisi kuesioner sebesar 711 orang. Hasil yang didapat berupa 10 hipotesa yang diajukan diterima secara signifikan dan hanya 1 hipotesa yang ditolak. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya satisfaction dan trust mempengaruhi pada pembelian berulang (repeat purchase intention)
Specific Detail Info Online Store, SEM, CFA, Hipotesa
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dyah Santhi Dewi, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D. dan Dr. Adithya Sudiarno, S.T., M.T.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous