Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisis Risiko pada Proses Produksi Halal di Restoran Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (Studi Kasus: Restoran X)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisis Risiko pada Proses Produksi Halal di Restoran Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (Studi Kasus: Restoran X)
Edition
Call Number 2017/II/119
ISBN/ISSN
Author(s) Solichah, Wildatus
Subject(s) Failure Mode and Effect Analysis
Risk Analysis
Classification 658.155 Sol a
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2017
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Restoran sebagai salah satu tempat yang menyajikan makanan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari lifestyle masyarakat saat ini. Data dari Qraved.com pada tahun 2013 mencatat bahwa kunjungan orang Indonesia ke restoran mencapai 380 juta kali dan menghabiskan total USD 1,5 miliar. Tingginya kebiasaan makan di restoran ini juga ditopang dengan pertumbuhan restoran kelas menengah dan atas hingga 250 persen dalam lima tahun terakhir. Namun, pertumbuhan restoran tersebut tidak diiringi dengan kesadaran sertifikasi halal pada restoran untuk mendukung proses produksi halal yang dilakukan. Status kehalalan produk tidak hanya berdasarkan bahan baku yang digunakan namun banyak aspek yang memengaruhi mulai dari proses pengadaan bahan baku hingga pengiriman produk ke pelanggan. Untuk itu, perlu diketahui titik kritis dalam produksi halal di restoran untuk melakukan pengendalian risiko selama proses produksi sehingga kehalalan produk tetap terjaga. Analisis risiko produksi halal pada bisnis restoran menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dibuat untuk membantu pihak restoran dalam mengelola risiko-risiko yang ada dalam produksi halal yang dilakukan. Dari hasil perhitungan nilai Risk Priority Number (RPN) yang dilakukan, 7% risiko termasuk dalam kategori very high risk, 50% termasuk high risk, 25% termasuk moderate risk, dan 18% termasuk kategori low risk. Untuk mengelola risiko tersebut, diberikan beberapa saran perbaikan. Selain itu, pada penelitian ini juga dihasilkan dashboard halal risk profile untuk mempermudah dalam monitoring risiko.
Specific Detail Info Risiko, Halal, Restoran, Failure Mode and Effect Analysis
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Iwan Vanany S.T., M.T., Ph.D.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous