RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Pengembangan Algoritma Cross Entropy Genetic Algorithm Untuk Penyelesaian Two Dimensional Loading Heterogeneous Fleet Vehicle Routing Problem |
Edition | |
Call Number | 2017/04 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Paramestha, Dominico Laksma |
Subject(s) | Metaheuristic Optimization |
Classification | 005.1 Par p |
Series Title | GMD | Tesis |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2017 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Two dimensional loading heterogeneous fleet vehicle routing problem (2L-HFVRP) merupakan permasalahan kombinatorial gabungan dari vehicle routing problem dan bin packaging problem. Pada 2L-HFVRP pesanan konsumen berupa muatan berbentuk persegi panjang yang harus dikirim dari depot dengan beberapa vehicle yang memiliki kapasitas container/box yang berbeda-beda. Tujuan dari 2L-HFVRP adalah meminimalkan total biaya perjalanan dari depot ke seluruh konsumen dan kembali ke depot. Setiap rute yang terbentuk harus feasible dengan kapasitas dan proses penataan muatan untuk dalam setiap kendaraan. Proses penataan muatan menggunakan 5 heuristik yang digunakan oleh Zachariadis et.al (2009). Penelitian ini menggunakan dua skenario dalam penataan muatan ke dalam kontainer. Skenario pertama (sequential) adalah menata muatan sesuai dengan urutan kunjungan dan bongkar muat, agar proses bongkar muat dapat dilakukan dengan mudah. Skenario kedua (unrestricted) adalah dengan menata muatan dengan memasukan muatan tanpa mempertimbangkan urutan kunjungan. Rotasi muatan dimungkinkan dalam proses penataan muatan untuk memaksimalkan utilitas ruang dari kontainer. Sebagai gabungan dari dua NP-hard problem penelitian ini menggunakan algoritma cross entropy genetic algorithm (CEGA) untuk menyelesaikan 2L-HFVRP. Algoritma ini menutupi kekurangan dari algoritma CE dan GA jika digunakan sendiri dengan kelebihan dari masing-masing algoritma. Proses pencarian solusi awal menggunakan mekanisme matriks probabilitas transisi dibantu dengan mekanisme local improvement yang dikembangkan oleh Ai & Kachitvichyanukul (2009) untuk mendapatkan solusi awal yang baik. Hasil akan dibandingkan dengan algoritma lain dari penelitian sebelumnya untuk melihat performansi dari algoritma yang dikembangkan dalam penelitian ini. |
Specific Detail Info | Metaheuristik, Cross Entropy, Genetic Algorithm, Vehicle Routing Problem, Two-loading constraint |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Prof. Ir. Budi Santosa, M.S., Ph.D. |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |