Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengoptimalan Jumlah Karyawan Sesuai Beban Kerja Menggunakan Metode Work Sampling dan NASA-TLX (Studi Kasus: Teknik Informatika Dan Sistem Informasi ITS)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengoptimalan Jumlah Karyawan Sesuai Beban Kerja Menggunakan Metode Work Sampling dan NASA-TLX (Studi Kasus: Teknik Informatika Dan Sistem Informasi ITS)
Edition
Call Number 2018/I/04
ISBN/ISSN
Author(s) Hermawan, Dwi Cahya Syamsul
Subject(s) Job Description
Full Time Equivalent
NASA-TLX
Work load index
Classification 658.306 Her p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2018
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Departemen Teknik Informatika dan Departemen Sistem Informasi ITS merupakan program studi yang banyak diminati oleh kalangan calon mahasiswa. Departemen Teknik Informatika mempunyai peminat terbanyak setiap tahunnya. Keberhasilan sebuah Departemen dalam mendapatkan penilaian yang baik dari Kementerian Riset dan Teknologi harus didukung dengan adanya kinerja yang optimal dari dosen dan karyawan. Penelitian ini dilakukan khusus untuk mendapatkan beban kerja yang optimal pada karyawan kedua departemen tersebut. Penelitian dimulai dari identifikasi job description yang ada dan identifikasi jumlah karyawan pada Departemen Teknik Informatikka dan Departemen Sistem Informasi ITS. Kemudian dilakukan pengamatan beban kerja yang diterima oleh karyawan menggunakan metode work sampling dan NASA-TLX. Work sampling yakni untuk mengukur beban kerja fisik, sedangkan NASA-TLX untuk mengukur beban kerja mental pada karyawan. Hasil dari penelitian ini menghasilkan beban kerja per jabatan, rekomendasi beban kerja, dan juga rekomendasi jumlah karyawan yang optimal pada jabatan yang ada di kedua departemen tersebut. Setelah dilakukan pengolahan data maka dihasilkan beban kerja sebesar 0,518 pada jabatan pengadministrasi kemahasiswaan dengan satu orang karyawan pada Departemen Teknik Informatika. Pada Departemen Sistem Informasi dihasilkan beban kerja sebesar 0,777 untuk jabatan teknisi lab dan studio dengan dua orang karyawan. Hasil perhitungan beban kerja pada kedua departemen tersebut adalah hasil yang telah direkomendasi. Hal tersebut dilakukan guna mendapatkan beban kerja yang optimal.

Specific Detail Info Full Time Equivalent, Indeks Beban Kerja, Job Description, NASA-TLX, Work Sampling
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman S.T., M.Sc.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous