RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Perancangan Aplikasi Motion Capturing Media Edukasi Storytelling untuk Meningkatkan Interaksi Anak TK |
Edition | |
Call Number | 2018/I/05 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Jhistari, Ni Nyoman Sinta |
Subject(s) | Game Education Interactive Multimedia Storytelling Motion Capturing Storytelling |
Classification | 006.7 Jhi p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Academic |
Publishing Year | 2018 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Storytelling menjadi metode yang digunakan oleh guru TK saat bercerita dan kini dijadikan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai pada anak yang dilakukan tanpa perlu menggurui sang anak. Disisi lain banyak guru TK yang mengeluhkan interaksi anak yang menurun di saat mendengarkan guru bercerita. Anak-anak cenderung melakukan tingkah laku (behavior) yang agresif di saat guru sedang melakukan storytelling di dalam kelas. TK Aisyiyah Bustanul Athfal 52 merupakan salah satu TK yang terletak di kawasan Keputih, Kecamatan Sukolilo, para gurunya memiliki kesulitan di dalam menyampaikan cerita kepada anak. Terdapat hanya tiga orang anak dari 17 anak di dalam kelas yang mendengarkan gurunya di saat melakukan storytelling. Persentase terbesar penyebab kurangnya minat atau interaksi saat mendengarkan guru bercerita yaitu sistem mengajar yang kurang menarik bagi anak-anak sehingga anak menjadi cepat bosan dan mempengaruhi konsentrasi anak. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancang aplikasi motion capturing media edukasi storytelling menggunakan sensor kinect yang efektif dan menarik untuk membantu guru TK di dalam meningkatkan interaksi anak TK. Pengukuran interaksi anak dilakukan dengan menggunakan parameter behavior yang didapatkan melalui proses screening. Adapun hasil akhir dari penelitian ini berupa interaksi anak yang meningkat saat mendengarkan guru bercerita berdasarkan uji komparasi kondisi sebelum dan sesudah menggunakan media edukasi virtual pada kedua TK yang diuji. Peningkatan interaksi anak pada kondisi sebelum dan sesudah menggunakan media edukasi sebesar 31.66% di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 52 dan 48.96% di KB-TK Yaa Bunayaa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media edukasi storytelling virtual dapat meningkatkan interaksi anak dengan guru di dalam kelas. |
Specific Detail Info | motion capturing, behavior, media edukasi, storytelling |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Arief Rahman, S.T., M.Sc, Anny Maryani, S.T., M.T. |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |