Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Perancangan Aplikasi Motion Capturing Media Edukasi Storytelling untuk Meningkatkan Interaksi Anak TK
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Perancangan Aplikasi Motion Capturing Media Edukasi Storytelling untuk Meningkatkan Interaksi Anak TK
Edition
Call Number 2018/I/05
ISBN/ISSN
Author(s) Jhistari, Ni Nyoman Sinta
Subject(s) Game Education
Interactive Multimedia Storytelling
Motion Capturing
Storytelling
Classification 006.7 Jhi p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Academic
Publishing Year 2018
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Storytelling menjadi metode yang digunakan oleh guru TK saat bercerita dan kini dijadikan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai pada anak yang dilakukan tanpa perlu menggurui sang anak. Disisi lain banyak guru TK yang mengeluhkan interaksi anak yang menurun di saat mendengarkan guru bercerita. Anak-anak cenderung melakukan tingkah laku (behavior) yang agresif di saat guru sedang melakukan storytelling di dalam kelas. TK Aisyiyah Bustanul Athfal 52 merupakan salah satu TK yang terletak di kawasan Keputih, Kecamatan Sukolilo, para gurunya memiliki kesulitan di dalam menyampaikan cerita kepada anak. Terdapat hanya tiga orang anak dari 17 anak di dalam kelas yang mendengarkan gurunya di saat melakukan storytelling. Persentase terbesar penyebab kurangnya minat atau interaksi saat mendengarkan guru bercerita yaitu sistem mengajar yang kurang menarik bagi anak-anak sehingga anak menjadi cepat bosan dan mempengaruhi konsentrasi anak.
Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancang aplikasi motion capturing media edukasi storytelling menggunakan sensor kinect yang efektif dan menarik untuk membantu guru TK di dalam meningkatkan interaksi anak TK. Pengukuran interaksi anak dilakukan dengan menggunakan parameter behavior yang didapatkan melalui proses screening. Adapun hasil akhir dari penelitian ini berupa interaksi anak yang meningkat saat mendengarkan guru bercerita berdasarkan uji komparasi kondisi sebelum dan sesudah menggunakan media edukasi virtual pada kedua TK yang diuji. Peningkatan interaksi anak pada kondisi sebelum dan sesudah menggunakan media edukasi sebesar 31.66% di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 52 dan 48.96% di KB-TK Yaa Bunayaa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media edukasi storytelling virtual dapat meningkatkan interaksi anak dengan guru di dalam kelas.

Specific Detail Info motion capturing, behavior, media edukasi, storytelling
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Arief Rahman, S.T., M.Sc, Anny Maryani, S.T., M.T.
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous