Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Implementasi Shapley Value Pada Distribusi Keuntungan Untuk Menstimulasi Partisipasi Pengembangan Produk
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Implementasi Shapley Value Pada Distribusi Keuntungan Untuk Menstimulasi Partisipasi Pengembangan Produk
Edition
Call Number 2018/I/42
ISBN/ISSN
Author(s) Chaniago, Muhamad Iqbal
Subject(s) PRODUCT DESIGN
Coalitional Game Theory
Shapley Value
Classification 519.3 Cha i
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2018
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Perusahaan berbasis teknologi informasi sedang dalam fase pertumbuhan yang cepat dalam beberapa tahun terakhir. Dimana teknologi terapan menjadi salah satu pemicu inovasi dari sebuah organisasi. Entitas yang terlibat secara langsung dalam inovasi teknologi terapan adalah sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Perlu ada perlakuan yang baik kepada setiap SDM untuk menjaga dan meningkatkan motivasi mereka dalam berinovasi. Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan untuk menentukan kontribusi dari Departemen Service Operation, Sales & Marketing, serta Business Development yang berperan dalam proses pengembangan produk baru sehingga didapat distribusi keuntungan yang lebih adil dan bersifat dinamis bagi ketiga departemen. Dengan menggunakan mekanisme Shapley Value dalam pembagian grand coalition payoff pada coalitional game theory sebagai dasar sistem insentif. Penelitian Tugas Akhir dilakukan dengan menentukan nilai kinerja proses pengembangan produk pada perusahaan, lalu dilakukan estimasi nilai emergence dari koalisi pengembangan produk dengan model belief degree sehingga diperoleh Shapley Value dari koalisi. Hasilnya didapat bahwa kontribusi departemen Service Operation sebesar 32.9%, departemen Sales & Marketing sebesar 34.3%, dan Departemen Business Development sebesar 32.8% pada koalisi pengembangan produk baru. Nilai tersebut dijadikan dasar perolehan keuntungan sekaligus kerugian dari produk yang dikembangkan pada masa mendatang sehingga terus menstimulasi inovasi pengembangan produk.
Specific Detail Info Coalitional Game Theory, Shapley value, Belief Degree, Emergence, Insentif, Pengembangan Produk.
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Erwin Widodo, ST, M.Eng., Dr.Eng
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous