RECORD DETAIL
Back To Previous
Back To Previous
Title | Pengukuran Usabilitas Pada Education Game Tentang Pengetahuan Kekayaan Maritim Indonesia |
Edition | |
Call Number | 2018/I/48 |
ISBN/ISSN | |
Author(s) | Pranadhira, Helmi Adwitiya |
Subject(s) | Usability design product Education Game Cognitive Ergonomic |
Classification | 658.5 Pra p |
Series Title | GMD | Tugas Akhir |
Language | Indonesia |
Publisher | Departemen Teknik Industri FTI-ITS |
Publishing Year | 2018 |
Publishing Place | Surabaya |
Collation | |
Abstract/Notes | Informasi Indonesia sebagai negara maritim dapat diberikan dengan salah satu media pembelajaran yaitu education game. Education game adalah permainan berkonten mendidik. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur efektivitas edu-game dalam proses pembelajaran tentang maritim dan usabilitas edu-game. Penelitian menggunakan ergonomi kognitif, human computer interaction, efektivitas, dan usabilitas sebagai pendekatannya. Terdapat dua tahap penelitian yaitu tahap pre-test dan tahap post- test. Pada tahap pre-test responden diberikan kuesioner pertanyaan maritim Indonesia, kemudian diberikan edu-game dan metode konvensional. Pada tahap post-test responden diberikan kuesioner untuk menjawab setelah menggunakan edu-game dan metode konvensional. Hasil pre-test dan post-test dibandingkan dengan paired sample T-test dengan menggunakan aplikasi SPSS dan metode effect size untuk mengetahui seberapa besar efek edu-game dan metode konvensional. Tes usabilitas dilakukan dengan pendekatan system usability scale yang diberikan kepada responden setelah telah melewati tahap post-test. Hasil penelitian ini mendapatkan 88% responden education game rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan responden tahap pre-test. 93% responden metode konvensional rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan responden tahap pre-test. 73% responden metode konvensional memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan responden education game. Dari usability test yang dilakukan didapatkan bahwa aplikasi JALASI telah memiliki tingkat usabilitas yang baik dengan nilai 71,6. |
Specific Detail Info | HCI, Usabilitas, Ergonomi Kognitif, Education Game |
Image | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Pembimbing | Dr. Adithya Sudiarno, ST., MT |
Volume | |
Availability | LOADING LIST... |
Back To Previous |