Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pengukuran Usabilitas Pada Education Game Tentang Pengetahuan Kekayaan Maritim Indonesia
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pengukuran Usabilitas Pada Education Game Tentang Pengetahuan Kekayaan Maritim Indonesia
Edition
Call Number 2018/I/48
ISBN/ISSN
Author(s) Pranadhira, Helmi Adwitiya
Subject(s) Usability
design product
Education Game
Cognitive Ergonomic
Classification 658.5 Pra p
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Departemen Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2018
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Informasi Indonesia sebagai negara maritim dapat diberikan dengan salah satu media pembelajaran yaitu education game. Education game adalah permainan berkonten mendidik. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur efektivitas edu-game dalam proses pembelajaran tentang maritim dan usabilitas edu-game. Penelitian menggunakan ergonomi kognitif, human computer interaction, efektivitas, dan usabilitas sebagai pendekatannya. Terdapat dua tahap penelitian yaitu tahap pre-test dan tahap post- test. Pada tahap pre-test responden diberikan kuesioner pertanyaan maritim Indonesia, kemudian diberikan edu-game dan metode konvensional. Pada tahap post-test responden diberikan kuesioner untuk menjawab setelah menggunakan edu-game dan metode konvensional. Hasil pre-test dan post-test dibandingkan dengan paired sample T-test dengan menggunakan aplikasi SPSS dan metode effect size untuk mengetahui seberapa besar efek edu-game dan metode konvensional. Tes usabilitas dilakukan dengan pendekatan system usability scale yang diberikan kepada responden setelah telah melewati tahap post-test.
Hasil penelitian ini mendapatkan 88% responden education game rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan responden tahap pre-test. 93% responden metode konvensional rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan responden tahap pre-test. 73% responden metode konvensional memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan responden education game. Dari usability test yang dilakukan didapatkan bahwa aplikasi JALASI telah memiliki tingkat usabilitas yang baik dengan nilai 71,6.
Specific Detail Info HCI, Usabilitas, Ergonomi Kognitif, Education Game
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Adithya Sudiarno, ST., MT
Volume
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous