Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pendekatan Algoritma Genetik pada Penentuan Jumlah dan Lokasi Warehouse dengan Uncertain Demand dan Returnable Glass Bottle (Studi Kasus : PT Coca-Cola Bottling Indonesia Jawa Timur)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pendekatan Algoritma Genetik pada Penentuan Jumlah dan Lokasi Warehouse dengan Uncertain Demand dan Returnable Glass Bottle (Studi Kasus : PT Coca-Cola Bottling Indonesia Jawa Timur)
Edition
Call Number 2008/13
ISBN/ISSN
Author(s) Aulia Rosmana
Subject(s) Forward Logistic
GENETIC ALGORITHMS
Reverse Logistic
Classification 005.1
Series Title
GMD Tesis
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Jawa Timur merupakan salah satu perusahaan pembuat minuman ringan terbesar di dunia yang tidak hanya memproduksi minuman coca-cola saja, akan tetapi minuman ringan lainnya seperti fanta, sprite dan lain sebagainya, yang dikemas dalam bentuk botol (baik botol gelas dan botol plastik), dan kaleng. Pengemasan yang dilakukan (botol dan kaleng) menimbulkan masalah baru yaitu adanya waste bagi lingkungan. Akan tetapi perusahaan ini mempunyai kebijakan yaitu hanya mendaur ulang kemasan dalam bentuk botol gelas saja karena bersifat berkali-kali pakai. Terdapat 16 gudang yang beroperasi di Jawa Timur, dimana gudang-gudang tersebut memiliki fungsi ganda yaitu sebagai forward dan reverse logistics. Pengoperasian gudang-gudang tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dari penelitian ini didapatkan bahwa dari 16 gudang yang beroperasi, terdapat dua gudang yang tidak optimal sebagai distribution center dan return center yaitu gudang di Kediri dan Banyuwangi. Biaya total yang terjadi adalah sebesar Rp. 2.183.263.000.188 adalah lebih baik jika dibandingkan dengan total biaya skenario saat ini yaitu sebesar Rp. 4.454.280.382. Hal ini berarti adanya penghematan biaya sebesar 36.79% atau Rp. 1.271.017.382,00 Kata kunci : algoritma genetik, nonlinear mixed-integer programming, forward logistics, dan reverse logistics
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Prof. Dr. Ir. Suparno, MSIE;Stefanus Eko Wiratno, ST., MT.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous