Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Pendekatan Lean Thinking dalam Meminimasi Waste pada Sistem Pemenuhan Order Guna Mengurangi Biaya dan Waktu (Studi Kasus : PT. Kasa Husada Wira Jatim)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Pendekatan Lean Thinking dalam Meminimasi Waste pada Sistem Pemenuhan Order Guna Mengurangi Biaya dan Waktu (Studi Kasus : PT. Kasa Husada Wira Jatim)
Edition
Call Number 2008/I/03
ISBN/ISSN
Author(s) M. Vina Permata
Subject(s) Lean Thinking
Productivity Analysis
Value Stream Mapping
Classification 658.72
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT.Kasa Husada Wira Jatim merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri alat kesehatan terutama kasa dan kapas. Untuk dapat bertahan dalam persaingan industri maka PT.Kasa Husada Wira Jatim dituntut untuk dapat meningkatkan performansi. Namun pada kenyataannya terjadi penurunan pendapatan dari tahun ketahun. Dalam penelitian ini pendekatan Lean Thinking digunakan untuk mengurangi biaya dan waktu dengan harapan PT.Kasa Husada Wira Jatim dapat meningkatkan kembali performanya. Lean Thinking adalah pedekatan sistematis yang bertujuan untuk mengidentifikasi serta mengurangi/ menghilangkan waste. Waste didefinisikan sebagai suatu bentuk pemborosan dimana hal ini tidak menambah value terhadap produk. Dalam upaya mengidentifikasi dan meminimasi waste tersebut menggunakan Big Picture Mapping serta Value Stream Analysis Tools untuk detail yang lebih lanjut. Dari hasil penelitian, waste yang sering terjadi adalah waiting, unnecessary inventory, dan excessive transportation. Dari ketiga waste ini diberikan rekomendasi perbaikan. Dan hasil rekomendasi menunjukkan terjadi penurunan terhadap waktu proses dan pengurangan biaya. Untuk lead time produksi dari 41340 menit mengalami penurunan menjadi 29420 menit. Kata kunci : lean, waste, VALSAT, waktu, biaya
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Ir. Moses L. Singgih, MSc.,MRegSc.,PhD.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous