Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Peningkatan Produktivitas Melalui Usaha Waste Production dengan Pendekatan Green Productivity (Studi Kasus: PT. Ecco Tannery Indonesia)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Peningkatan Produktivitas Melalui Usaha Waste Production dengan Pendekatan Green Productivity (Studi Kasus: PT. Ecco Tannery Indonesia)
Edition
Call Number 2008/II/05
ISBN/ISSN
Author(s) Nofita Afida
Subject(s) Environmental
Productivity Analysis
Classification 658.566
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info PT Ecco Tannery Indonesia merupakan salah satu industri penyamakan kulit yang memiliki potensi pencemaran limbah yang cukup tinggi. Oleh sebab itu diperlukan usaha pengelolaan lingkungan yang tepat, salah satunya dengan melakukan usaha reduksi limbah (waste reduction). Melalui pendekatan Green Productivity yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan usaha reduksi limbah yang dilakukan dapat berpengaruh terhadap perbaikan kondisi lingkungan sekaligus meningkatan produktivitas perusahaan. Pada penelitian ini, dilakukan identifikasi adanya permasalahan pada perusahaan yang berhubungan dengan jumlah limbah yang berlebih dan berpotensi untuk direduksi. Sebelumnya dilakukan pula pengukuran kinerja lingkungan melalui indeks EPI (Environmental Performance Indicator) serta pengukuran produktivitas perusahaan. Alternatif perbaikan selanjutnya dirumuskan dan dipilih berdasarkan kelayakannya untuk diimplementasikan melalui analisis finansial, estimasi kontribusi alternatif terhadap tingkat produktivitas dan estimasi kontribusi alternatif terhadap tingkat EPI. Dari hasil penelitian, didapatkan alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan tingginya jumlah limbah yang dikirim ke PPLI Bogor yaitu dengan mengurangi limbah sludge dan limbah lemak/koyor melalui mesin sludge dryer berkapasitas 15 ton/hari yang mampu mengeringkan limbah tersebut hingga 90 % dry solid. Alternatif ini mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan produktivitas sebesar 0.91 % serta berkontribusi terhadap perbaikan kualitas lingkungan melalui penurunan jumlah limbah yang dikirim ke PPLI Bogor sebesar 66.9 %. Kata kunci : Green Productivity, Reduksi Limbah, Indikator Performansi Lingkungan
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, MSc., MRegSc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous