Warning: Creating default object from empty value in /var/www/html/rbti/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148
Analisa Efisiensi Distribusi Listrik Unit Pelayanan Jaringan Menggunakan Data Envelopment Analysis / Assurance Region (DEA/AR) dan Analisa Risk Operational (Studi Kasus : PT. PLN APJ Pasuruan)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
Pembimbing : Publish Year : GMD : Collection Type :
RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Efisiensi Distribusi Listrik Unit Pelayanan Jaringan Menggunakan Data Envelopment Analysis / Assurance Region (DEA/AR) dan Analisa Risk Operational (Studi Kasus : PT. PLN APJ Pasuruan)
Edition
Call Number 2008/II/74
ISBN/ISSN
Author(s) Erlin Tri Anggraini
Subject(s) Data Envelopment Analysis
Productivity Analysis
Classification 658.566
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Teknik Industri FTI-ITS
Publishing Year 2008
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes
Specific Detail Info Listrik yang merupakan kebutuhan energi semua masyarakat, jumlahnya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal tersebut mengakibatkan krisis listrik yang mengakibatkan pertumbuhan dunia industri tidak berkembang dengan baik serta kebutuhan masyarakat tidak dapat terpenuhi. Penyebabnya adalah tidak maksimalnya produktivitas dari unit pelayanan jaringan yang ada dan proses distribusi listrik yang banyak mengakibatkan terjadinya losses. Untuk itu diperlukan suatu analisa efisiensi bagi unit pelayanan jaringan agar dapat dioptimalisasi operasionalnya dan mengurangi lossesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisa efisiensi unit pelayanan jaringan yang memiliki beragam input dan output dengan metode data envelopment analysis/ assuranve region (DEA/ AR) serta analisa terhadap proses distribusi listrik yang berpotensi menyebabkan terjadinya losses. Mengetahui pengaruh losses bagi operational perusahaan, sehingga dapat melakukan pengendalian pada terjadinya risk operational serta mengetahui perbaikan apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efisiensi tiap unit pelayanan jaringan yang diamati. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dari enam unit pelayanan jaringan (UPJ) yang diteliti terdapat tiga unit inefisien dari segi efisiensi teknis dan efisiensi alokatif. Perbaikan yang dapat dilakukan, misalnya untuk UPJ Bangil dari internal perusahaan dengan nilai efisiensi 0.98 adalah diperlukan penurunan panjang jaringan tegangan rendah sebesar 433829142.001 V serta peningkatan KWH/ bulan sebesar 40640.412. Sedangkan dari eksternal dilakukan dengan pemeriksaan instalasi PLN dan sosialisasi hemat listrik pada pelanggan. Dari penetapan target tersebut, diharapkan UPJ Bangil dapat meningkatkan efisiensinya hingga mencapai nilai efisiensi satu. Kata Kunci: efisiensi, losses, operational risk, data envelopment analysis/ assurance region
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Pembimbing Dr. Ir. Moses L. Singgih, MSc., MRegSc.
Volume 1
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous